Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Mar 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Cara Mudah Berbelanja (Membeli Barang) di MatahariMall.com

Mataharimall.com turut meramaikan ranah jual-beli online di Indonesia.

Situs yang didirikan oleh Lippo Group ini berdiri sejak pertengahan 2015. Itu artinya, tahun ini (2018) Mataharimall.com sudah berdiri selama 3 tahun. Tentunya usia tersebut tergolong sangat muda, jika dibandingkan situs-situs seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, hingga Blibli.


Setelah sebelumnya membahas tentang cara berbelanja di situs Blibli.com, kali ini yang akan dibahas adalah tentang cara berbelanja di situs Mataharimall.com.

Silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini!


Cara berbelanja di Mataharimall.com


Cara Mendaftar di Mataharimall.com


Sebelum berbelanja di Mataharimall.com, anda harus mendaftar / registrasi di situs tersebut.

Adapun cara membuat akun di Mataharimall.com sangatlah mudah. Silakan ikuti petunjuknya di bawah ini:

1. Pertama-tama kunjungi situs www.mataharimall.com, pilih menu “Profile” di bagian kanan bawah halaman situs tersebut.

2. Selanjutnya anda menuju menu Login, namun anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan memilih tulisan “Daftar”. Kemudian anda diminta mengisi formulir pendaftaran yang disediakan, setelah diisi — silahkan pilih tulisan “Daftar”.

3. Anda pun sukses mendaftar di situs Matahari Mall, dan anda akan diarahkan langsung ke laman Profil. Di laman ini, ada beberapa fitur khusus untuk anda yang sudah mendaftar, seperti:

– Pesanan: Fitur ini adalah untuk melihat / melacak riwayat pesanan anda

– Daftar Kartu Kredit/Debit: Fitur ini berisikan daftar kartu kredit / debit yang telah anda simpan

– Buku Alamat: Fitur ini berisikan detail alamat pengiriman pesanan anda

– My Lovelist: Fitur ini berisikan produk produk yang telah Anda masukkan ke daftar Lovelist atau wishlist

– Return & Refund: Fitur ini berisikan formulir pengembalian barang, jika anda mengajukan retur dan refund.




Cara berbelanja (membeli barang) di Mataharimall.com

Setelah anda sukses mendaftar di Mataharimall, anda sudah bisa berbelanja di situs tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi situs Mataharimall.com, kemudian Login menggunakan email dan password yang telah anda daftarkan.


2. Silahkan cari dan pilih produk yang ingin anda beli. Jangan lupa perhatikan detail produk, deskripsi dan spesifikasi produk yang ingin anda beli sesuai dengan warna dan ukuran yang diinginkan, selanjutnya pilih tulisan “Beli Aja”.

3. Setelah itu produk yang anda pilih akan masuk ke “Tas Belanja” yang bisa anda lihat pada bagian kanan atas situs Mataharimall.com. Angka yang tertera di sana menunjukan jumlah produk yang sudah ada di dalam Cart Belanja anda.

Untuk melakukan pembayaran, silahkan pilih tulisan “Lanjutkan Ke Pembayaran”.


4. Selanjutnya anda diarahkan ke laman Checkout, di sana menampilkan beberapa kolom yang perlu anda isi untuk melengkapi data terkait pemesanan anda, seperti:


Pilihan Metode dan Alamat Pengiriman

Pada laman ini, anda diminta mengisi alamat pengiriman pesanan pada kolom yang tersedia. Isi alamat dengan lengkap beserta kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga kode pos. Jika anda ingin pesanan diambil via E-Locker/KiosK (O2O), silakan pilih menu “Ambil di Toko”.


Rincian Pesanan dan Pengiriman

Pada bagian ini anda bisa melihat kembali produk apa saja yang sudah anda pesan, beserta nama penjual, nama produk, harga produk, jumlah produk yang dipesan, estimasi dan biaya pengiriman (sesuai dengan alamat tujuan pengiriman yang sudah anda isi) serta total pembayaran yang harus anda bayar.

Rincian Pembayaran


Pada bagian ini, jika anda memiliki kode voucher untuk belanja, silakan isi kode tersebut pada kolom “Kode Voucher” lalu pilih tulisan CEK” untuk mengaktifkan kode tersebut. Kode voucher hanya akan mengurangi nominal belanja, dan tidak memotong biaya pengiriman.

Informasi Pembayaran


Anda bisa memilih salah satu metode pembayaran yang tersedia di Matahari Mall. Total ada 8 metode pembayaran yang bisa anda pilih, diantaranya:

– Manual Bank Transfer
– Transfer Ke Virtual Account
– Kartu Kredit / Debit Online
– COD (Cash-on-Delivery)
– Uang Elektronik
– Indomaret
– Pospay / Kantor pos
– BCA Klikpay
– OVO.

(Note: Jika sebelumnya anda memilih metode kirim ke E-Locker/KiosK maka anda diharuskan melengkapi data nomor handphone untuk SMS konfirmasi pembayaran dan pengambilan pesanan di lokasi O2O. Jangan lupa berikan tanda ceklis pada bagian syarat dan ketentuan).

5. Selanjutnya jika anda sudah yakin dengan semua data terkait pemesanan anda, anda bisa melanjutkan proses pembayaran dengan memilih tulisan “Bayar Sekarang”.


Anda akan melihat laman informasi pesanan yang menunjukan bahwa pesanan Anda sudah selesai (checkout complete). Di laman tersebut juga akan dipaparkan cara melakukan pembayaran berdasarkan metode pembayaran yang sudah anda pilih. Pada saat yang sama, anda secara otomatis akan menerima email yang berisi notifikasi pesanan ke alamat email yang anda gunakan saat login di Mataharimall.com.

6. Segera lakukan pembayaran sesuai petunjuk yang sudah dipaparkan sebelumnya. Usahakan jangan melewati batas waktu yang disediakan, supaya pesanan anda dapat segera diproses.

7. Setelah anda melakukan pembayaran dan sukses diverifikasi pihak Mataharimall.com, anda tinggal menunggu pesanan diproses hingga dikirimkan oleh kurir menuju ke tempat tinggal anda.


Baca juga:



Berbelanja di Mataharimall.com rupanya cukup mudah dan simpel, sama seperti berbelanja di situs lainnya. Bedanya, di Mataharimall.com ada sistem O2O yang memungkinkan anda untuk mengambil sendiri pesanan di counter terdekat di kota anda.


Itulah dia uraian singkat tentang cara berbelanja (membeli barang) di situs Mataharimall.com.

Semoga penjelasan di atas mudah dipahami dan selamat berbelanja!

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here