Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Jualan Online Tanpa Modal


jualan online tanpa memerlukan modal
ilustrasi dari http://ganhardinheirourgente.com

Sobat-sobat netizen di manapun kalian berada, kali ini saya akan menjelaskan cara Jualan Online Tanpa Modal. Bagi sobat-sobat yang ingin memulai jualan online namun terkendala modal untuk membeli stock barang atau tak punya kemampuan untuk memproduksi barang -- janganlah khawatir. Dalam dunia internet khususnya divisi jual beli online, ada beberapa cara berjualan online meskipun tak punya modal/ stock barang. Berikut ini akan saya paparkan beberapa cara yang ditempuh bagi mereka yang ingin berjualan tanpa modal. Silahkan disimak...




1. Affiliasi

Apa itu affiliasi? Affiliasi adalah sistem kerjasama di mana pemilik produk akan memberikan komisi kepada orang yang mempromosikan produk miliknya sampai terjual. Komisi akan dihitung berdasarkan banyaknya barang yang terjual melalui link affiliasi kita. 

Mengenai pengepakan dan pengiriman barang bukanlah tanggung jawab kita. Pun demikian dengan pembayaran harga barang dari penjual kepada pembeli. Semuanya dilakukan oleh sang pemilik produk.

Bagi kita yang tak punya modal bisa menggunakan sistem affiliasi ini. Langkah yang diperlukan yaitu dengan membangun blog, kemudian mendapatkan traffic, selanjutnya mempromosikan produk di blog kita tersebut. Cara mempromosikan produk bisa dengan:
- Memasang banner iklan yang mengarah ke produk yang akan kita jual. Di dalam banner tersebut terpasang link affiliasi kita
- Membuat review atau penjelasan mengenai kelebihan dari produk yang kita affiliasikan. Biasanya review tersebut di buat dalam bentuk artikel di blog kita
- Membuat Landing page yang mengandung link affiliasi kita

Biasanya dalam sistem affiliasi melarang untuk melakukan promosi berbentuk spam baik itu di media sosial (FB, Twitter, Instagram) maupun media chatting (BBM, Line, YM) -- karena akan merusak nama baik perusahaan penyedia produk.

Contoh Situs yang menyediakan kerjasama affiliasi, antara lain:
- Amazon
- Clickbank
- Rakuten Linkshare
- Lazada (Indonesia)
- Bhinneka (Indonesia)

Seiring berjalannya waktu, di mana dunia marketing bergerak ke era mobile -- membuat sistem affiliasi baru bernama CPA (Cost Per Action) semakin populer (berdasarkan data: 75% orang membuka internet lewat gadget dan 25%nya lewat PC). 

Dalam sistem CPA, kita tak mesti menjual produk. Kita bisa juga di bayar apabila orang mendownload aplikasi yang kita promosikan, mengikuti layanan situs yang kita promosikan dan lain sebagainya. 

Dalam dunia mobile marketing, traffic pengguna tak di dominasi oleh google (seperti di desktop). Persaingan traffic amatlah ketat, dan kebanyakan pengguna gadget (smartphone dan tablet) lebih suka membuka/mengunjungi/memainkan game atau aplikasi lainnya. 

Kita sering melihat iklan-iklan bermunculan pada game yang kita mainkan. Itulah salah satu iklan yang di pasang para affiliate CPA ini. (Biasanya para affilate ini sudah mapan karena berani membayar 'iklan' untuk produk affiliasi mereka)

(Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai CPA ini akan saya jelaskan nanti di artikel yang lainnya).

Untuk sistem affiliasi ini, saya mereferensikan sobat untuk mendaftar di affiliasi Lazada. Selain karena persentase komisinya yang besar -- target pemasarannya adalah di negeri kita Indonesia. Jadi sangat memudahkan bagi kita dalam memasarkan, karena tak bermasalah dalam hal bahasa yang digunakan (bahasa Indonesia). Selain itu produk yang dijual adalah produk-produk yang disukai pembeli -- misalnya smartphone, tablet, laptop, tas, sepatu, jam tangan dan lain sebagainya. Jadinya sangat mudah untuk mempromosikan produk-produk favorit pembeli itu.


2. Dropship

Bagi sobat-sobat netizen yang ingin jualan online tapi tidak memiliki modal untuk menyiapkan stock barang, bisa juga menggunakan cara ini yang dinamakan dropship. Sistem dropship memang hampir mirip dengan affiliasi, yakni kita mempromosikan barang orang lain. Bedanya adalah, kalau dropship ini kita yang menentukan harga. Jadi harga barang yang kita tentukan dikurangi dengan harga asli barang, sama dengan laba bersih yang kita dapatkan.

Secara spesifik, beginilah yang namanya dropship itu:
- Dalam dropshipping,  kita yang menerima pembayaran. Setelah kita terima uang tersebut kita gunakan untuk memesan barang milik penjual. Selisih harganya menjadi laba bagi kita
- Pengepakan dan pengiriman barang dilakukan oleh penjual -- namun alamat penjual yang ditulis adalah alamat kita. Hal itu bertujuan agar pembeli tidak langsung berurusan dengan pemilik barang di kemudian hari. Sang pemilik barang menghormati kita sebagai 'perantara' -- kalau-kalau si pembeli nantinya membeli lagi kepada kita 
- Sedikit kekurangan dari sistem ini, yaitu kita tidak tahu pasti jumlah stock barang dan kondisi fisik barang lantaran stock barang tidak ada pada kita. Tips dari saya: Jual lah barang yang stoknya masih banyak. Untuk masalah kondisi fisik barang, carilah pemilik produk yang memiliki respon cepat. Jadi ketika pembeli bertanya kepada kita mengenai kondisi barang, kita dengan cepat menanyakan hal tersebut kepada pemilik produk dan pemilik produk dengan cepat menjelaskannya kepada kita sebagai dropshipper mereka.

Situs-situs penyedia sistem dropship antara lain:
- Aliexpress
- Fyvess
- Jewelora
dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan dari saya mengenai Jualan Online Tanpa Modal, semoga  bisa memberikan manfaat bagi sobat-sobat semua. 

Pantau terus perkembangan dari blog saya ini, guna mendapatkan informasi berharga seputar Panduan Jual Beli Online lainnya.
Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR