--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Kerja Sampingan (layaknya kerja kantoran) Di Internet, memangnya bisa?

money online

Kerja sampingan (layaknya kerja kantoran) di internet, memangnya bisa?
Jawabannya BISA. 

Sobat-sobat netizen di manapun kalian berada, ketika era digital hampir menguasai semua lini kehidupan, baik itu bisnis, media, per tiketan dan lain sebagainya -- era digital juga bisa untuk dimanfaatkan bagi mereka yang ingin kerja sampingan (freelance) di Internet.

Kerja sampingan yang dimaksud di sini bukanlah jual beli online, affiliasi atau bisnis lainnya. Kerja sampingan yang saya maksud adalah layaknya kerja di kantoran namun secara online. Biasanya sistem kerja ini kita di bayar (dollar) per proyek yang kita selesaikan. Namun tidak menutup kemungkinan kita akan dikontrak jangka panjang, karena kerja kita yang memuaskan. Hal itu sudah terbukti dengan kenalan saya yang dikontrak jangka panjang oleh sebuah perusahaan di Israel. Dan dia bekerja secara jarak jauh.

Perlu sobat-sobat ketahui, menurut pengalaman saya -- klien-klien dari luar negeri itu tidaklah se 'cerewet' klien lokal. Kalau klien lokal biasanya menuntut pekerjaan yang perfect namun bayaran tak sesuai, sedangkan klien luar negeri justru sebaliknya. Mereka membayar kita sepadan dengan hasil kerja kita, bahkan bisa lebih (pengaruh standar gaji di luar yang sangat tinggi). 
Bagaimana rasanya, bekerja di bayar dollar oleh orang luar negeri nan jauh, cukup dengan koneksi internet di depan laptop/pc? Sangat praktis dan tak perlu susah payah untuk pergi bekerja di luar negeri sana. (apalagi sekarang dollar semakin kuat dan rupiah semakin melemah, wow!)

Syarat-syarat yang diperlukan untuk Kerja Sampingan di Internet antara lain:
- Laptop/ PC
- Koneksi Internet yang bagus
- Skill di bidang masing-masing
- Media komunikasi dengan klien ( skype/email/yahoo messenger )
- Google translator, untuk terjemahan bahasa
- Paypal, untuk transfer pembayaran dari klien

Sebelumnya perlu sobat-sobat ketahui, ada beberapa situs kerja sampingan (freelance) yang lumayan di gemari, terpercaya dan terus konsisten sampai saat ini. Di situs-situs tersebut sangat banyak kliennya. Bahkan setiap menit ada saja tawaran-tawaran kerja bermunculan di 'beranda' situs.

Berikut ini saya paparkan mengenai situs-situs tersebut, checkidoot!!


1. oDesk

oDesk merupakan situs freelance terpopuler saat ini. Peringkat situs ini pun yang paling tinggi diantara situs sejenis. (menurut similarweb.com).

Setelah nanti sobat mendaftar di situs ini, jangan lupa untuk mengisi profil selengkap-lengkapnya. Baik itu bidang kerja, pengalaman kerja dan juga portofolio sobat-sobat. Jangan lupa juga untuk mengikuti tes wajib (oDesk Readness Test), serta tes-tes lain yang relevan dengan keahlian sobat. Tujuan mengikuti tes tersebut adalah untuk menambah kuota aplikasi lamaran sobat-sobat. Semakin banyak tes yang lulus, semakin banyak pula kuota aplikasi lamaran yang sobat dapatkan.

Perlu sobat ketahui, Situs ini memasang biaya 10% dari pembayaran yang sobat dapatkan dari klien.


2. Elance

Tak jauh berbeda dengan oDesk, konsep dari situs Elance juga sejenis dengan oDesk. Akan tetapi peringkat situs ini berada sedikit di bawah oDesk.

Perbedaan lain antara Elance dengan oDesk yaitu, kalau dalam oDesk dikenal dengan 'kuota aplikasi lamaran' -- maka di Elance dinamakan 'Connection poin'. Setiap kita bisa lulus tes keahlian di Elance, maka connection poin kita akan bertambah. Dan setiap kita mengajukan lamaran pekerjaan, maka connection poin kita berkurang. 

Tapi sobat jangan khawatir, connection poin kita akan muncul lagi setiap bulannya (kalau seandainya habis). Dan jatah connection poin adalah 30/bulannya.

Perlu sobat ketahui, Situs ini memasang biaya sebesar 8,5% dari pembayaran klien kepada sobat.


3. Fiverr

Situs yang satu ini adalah yang paling unik dari yang lainnya. Sesuai namanya, Fiverr (yang berarti lima) adalah situs freelance yang memasang tarif flat untuk semua penawaran kerja -- yaitu sebesar 5 dollar. Jadi pada saat sobat memasang  gigs (penawaran kerja) dan ditawar/diterima oleh klien -- maka sobat akan di bayar sebesar 5 dollar. 

Tapi itu masih pendapatan kotor alias bruto, karena 1 dollarnya adalah pembayaran untuk Fiverr. Jadinya pendapatan bersih sobat adalah 4 dollar per/proyek yang diselesaikan.

Karena tarif kerja yang murah, maka kebanyakan penawaran kerja yang ada di sana adalah pekerjaan yang ringan-ringan saja. Seperti misal: menulis artikel, membikin logo, mempromosikan website dan lain sebagainya.


Bagaimana sobat-sobat? Apakah kalian berminat kerja sampingan di internet? Semoga saja, hehehe...

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang