--> Skip to main content



Kisah Sukses Jualan Online Dengan Brand Sendiri

sumber gambar: blog.tokopedia.com


Sobat-sobat netizen di manapun kalian berada, kali ini saya akan membahas tentang kisah sukses jualan online dengan brand sendiri -- yang dilakukan oleh penjual asal Indonesia. Dia berhasil membangun sebuah brand baru dengan sistem penjualan online. Dan omset penjualan pun sangat memuaskan. Mau tau ceritanya? Silahkan disimak ya....

Sobat-sobat sekalian, perlu diketahui bahwa sebagian orang menganggap kalau brand luar negeri itu memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi daripada brand dalam negeri. Bahkan banyak masyarakat Indonesia yang merasa sangat bangga ketika menggunakan produk dengan brand luar negeri. Tapi setelah mendengar cerita berikut, persepsi tersebut ternyata sama sekali tidak benar. Ternyata banyak juga brand-brand lokal yang memiliki kualitas dan desain yang tidak kalah dari brand luar, bahkan teramat diminati oleh pasar dunia. Salah satunya adalah produsen tas asli Indonesia yang bernama Evrawood. Evrawood sendiri merupakan produk lokal asli Surabaya yang diciptakan dan dikembangkan oleh Veldi Mahar Triasa dan Wahyu Adji Setiawan.
Pada awalnya Adji dan Veldi memulai bisnis di bidang tas ini (sejak tahun 2006) dengan merek “Ortiz”. Pada perkembangannya bisnis tas yang mereka geluti ini berjalan dengan lancar. Bahkan dengan bantuan dari pembina UMKM Surabaya, produk tas yang terbuat dari kanvas dan kulit sapi ini akhirnya mampu menembus pasar Malaysia, Singapura, Jerman dan Jepang. Bahan pembuatan yang berkualitas dan desainnya yang up-to-date dengan perkembangan fashion lah yang membuat masyarakat di sana langsung jatuh hati pada produk mereka jual.
Namun seiring berjalannya waktu, masalah pun mulai muncul. Menurut Veldi, saat itu mereka belum tahu tentang nama brand dan hak patennya. Dan ternyata nama “Ortiz” sudah pernah dipatenkan oleh pihak lain dan mereka dituntut untuk membayar denda yang cukup besar karena menggunakan nama merek yang sebelumnya sudah dipatenkan oleh pihak lain tersebut.
Akhirnya keduanya pun memilih untuk mengganti nama brand mereka menjadi Evrawood. Selain karena terkesan eksklusif, nama Evrawood juga dipilih dengan berbagai pertimbangan, salah satunya karena nama ini mampu menggambarkan visi dan motto dari usaha mereka. Evrawood sendiri merupakan singkatan dari Every Victory Requires Action with Optimism of Our Dreams.
Setelah sukses karena produknya mendapat sambutan baik di luar negeri, Veldi dan Adji kemudian mulai membidik pasar Indonesia, tepatnya pada tahun 2013. Namun, yang terjadi justru  kebangkrutan yang menimpa mereka. Hal itu karena adanya kesalahan strategi dalam memasarkan produk mereka.
“Waktu itu kami join dengan brand lain tapi ternyata tidak oke jadi gagal dan collapse. Kami kehilangan banyak waktu, energi, uang dan tentunya sumber daya. Sebanyak  25 karyawan dan 10 pengrajin harus kami PHK”, papar Verdi.
Walau begitu, Kegagalan tidaklah membuat Veldi dan Adji berhenti begitu saja. Mereka terus berusaha untuk membangun kembali bisnis yang sudah mereka rintis dengan penuh kerja keras. Dari karyawan yang diberhentikan, kemudian diambillah orang-orang terbaik dan memiliki komitmen untuk membangun kembali Evrawood. Membangun kembali semuanya dari nol lagi.
Pada tahun 2014, Veldi dan Adji kembali mencoba untuk memasuki pasar Indonesia. Namun di awal mereka sempat mengalami kebingungan saat mencari strategi karena harga produk yang mereka jual tergolong cukup mahal untuk ukuran produk dalam negeri. Dan akhirnya mereka memutuskan untuk mulai mengembangkan produk mereka melalui ranah online, salah satunya dengan berjualan di Tokopedia. Karena pemasaran lewat online sendiri tidak membutuhkan budget yang besar, tapi hasilnya cukup efektif. Dan yang pasti mampu menjangkau seluruh pelosok tanah air tanpa harus membayar sewa kios dan lain sebagainya.
Saat ditanya mengenai harapan mereka ke depan, Veldi ingin brand Evrawood sendiri lebih dikenal di Indonesia daripada di luar.
“Semoga produk lokal seperti Evrawood ini bisa jadi pilihan utama orang Indonesia”, harapnya ketika itu.
Saat ini Evrawood menjadi salah satu top seller di Tokopedia, dengan angka penjualan produk mencapai ribuan item. Tentunya itu semua akan mendatangkan omset yang tidak sedikit. Bahkan dengan biaya promosi gratis dengan berjualan di Tokopedia, membuat keuntungan mereka lebih banyak daripada berjualan offline. Karena Tokopedia adalah salah satu Situs Jual Beli Terpercaya di Indonesia yang memilki banyak pengguna. 
Semoga cerita sukses berjualan online di atas bisa menjadi inspirasi bagi kita semua!
Sumber: Tokopedia.com
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang