Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Panduan Jual Beli Online (Bagi Pembeli)



ilustrasi dari www.trenologi.com

Sobat-sobat netizen di manapun kalian berada, setelah sebelumnya saya memberikan penjelasan mengenai Panduan Jual Beli Online (Bagi Penjual), kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai Panduan Jual Beli Online (Bagi Pembeli). Seperti sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan caranya pada tiap-tiap situs jual beli online terpercaya di Indonesia. Yuk kita simak bersama-sama. checkidotss.....




1. OLX (Sebelumnya Toko Bagus dan Berniaga)

Tidak seperti penjual di situs OLX yang harus registrasi dulu, kalau pembeli bisa langsung melihat-lihat galleri barang yang diiklankan oleh penjual. Kita bisa langsung memilih barang yang akan kita beli sesuai lokasi yang kita inginkan.

Untuk nomor kontak penjual, bisa langsung dilihat (walaupun tanpa registrasi). Dan transaksi bisa dilakukan dengan COD (Cash On Delivery) atau istilahnya bertemu langsung. Dan bisa juga dengan sistem transfer bank (kalau jaraknya berjauhan). Namun saya pribadi menyarankan untuk bertemu langsung (untuk menghindari penipuan). Jadi pilihlah barang yang lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal kita.


2. Forum Jual Beli Kaskus

Berbeda dengan OLX, sang pembeli harus registrasi dulu kalau mau membeli barang di Forum Jual Beli Kaskus. Setelah selesai registrasi dan login, barulah Kita bisa melihat-lihat galleri barang yang dijual oleh pembeli. Kita pun juga bisa mengontak pembeli untuk langkah-langkah selanjutnya.

Saran saya untuk pembeli yang ingin membeli barang di forum ini, lihatlah dulu history penjualan dari si penjual. Kalau histori dan testimoninya positif, baru kalian langsung membeli di sana. Karena dalam situs jual beli kaskus, testimoni merupakan hal penting yang menjadi tolak ukur bagi kredibilitas si penjual.



3. Bhinneka dan Lazada

Untuk berbelanja di Bhinneka maupun Lazada, sobat harus registrasi dulu. Setelah selesai registrasi dan login, sobat bisa langsung membeli barang di sana. Banyak pilihan barang dengan berbagai kategori tersedia di kedua 'mall online' tersebut. Pilihlah sesuai kategori barang yang sobat inginkan -- atau bisa langsung ketik nama/brand produk di kolom search/pencarian.

Sistem pembayaran yang diterapkan adalah sistem transfer bank. Sobat akan mentransfer uang sejumlah harga barang yang akan anda beli langsung ke rekening Bhinneka maupun Lazada.


4. Bukalapak

Sistem pembelian di Bukalapak sama halnya dengan Bhinneka dan Lazada, yaitu harus registrasi dulu. Baru setelah registrasi dan login, sobat bisa memilih barang yang sobat inginkan. 

Perlu sobat ketahui, di situs Bukalapak ini ada tombol 'tawar harga". Sobat bisa menawar harga yang tertera di sana. Setelah tercapai kesepakatan, barulah sobat lakukan pembayaran.

Sistem pembayarannya adalah sobat akan mentransfer uang ke rekening bersama milik bukalapak. Setelah barang sampai ke tempat sobat, sobat harus melakukan konfirmasi. Setelah sobat konfirmasi, barulah uang di rekening bersama di transfer ke rekening milik penjual.


5. Tokopedia

Untuk sistem pembelian di Tokopedia sama persis dengan Bukalapak. Registrasi, login, pilih barang, beli barang, transfer pembayaran (ke rekening bersama), konfirmasi barang sampai di tempat sobat, baru transfer pembayaran rekening bersama ke rekening penjual (dilakukan oleh pihak Tokopedia). Namun yang membedakan dengan situs bukalapak adalah, di situs Tokopedia tidak menyediakan tombol "tawar harga". Jadi harga barang yang tertera tidak bisa di tawar lagi. Tapi walaupun begitu, harga-harga barang di Tokopedia memang yang paling murah dari situs lainnya. Karena harga yang murah itulah, tak perlu lagi di adakan tawar menawar. 

Sekian dulu penjelasan dari saya dan semoga bisa memberikan manfaat bagi sobat-sobat sekalian.

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL