Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Panduan Jual Beli Online (Bagi Penjual)

panduan jualan online
ilustrasi dari www.gadgetan.com

Sobat-sobat netizen dimanapun kalian berada, kali ini saya akan membahas tentang panduan jual beli online (bagi penjual). Penjelasan saya kali ini akan mencakup pada tiap-tiap situs jual beli terpopuler di Indonesia. Langsung saja saya jelaskan ya sobat, mohon disimak.


(baca juga: Situs Jual Beli Online Terpercaya di Indonesia)


1. OLX (Sebelumnya Toko Bagus dan Berniaga)

Panduan jual beli online (bagi penjual) untuk situs OLX tergolong yang paling mudah. Pertama-tama kita mendaftar dulu dengan cara mengisi form pendaftaran. Setelah selesai, konfirmasi pendaftaran akan di kirim via email. Tugas kita selanjutnya adalah membuka email dan mencari pesan masuk dari OLX. Di sana akan ada link aktivasi yang harus kita pilih agar pendaftaran kita sukses. Setelah mengunjungi link tersebut, kita pun akan diarahkan kembali ke situs OLX. Dan dari situ kita sudah siap untuk memulai penjualan.

Untuk memulai penjualan, kita harus menyiapkan foto barang, spesifikasi barang, harga barang, dan informasi kontak penjual (nomor handphone, Email atau BBM). Jangan lupa juga untuk menentukan lokasi kota sobat, agar para pembeli di kawasan serupa akan bisa bertemu langsung. Selebihnya kalau ada transaksi penjualan, bisa dilakukan dengan bertemu langsung ataupun menggunakan jasa pengiriman barang (kalau jarak antara penjual dan pembeli sangatlah jauh) dengan transaksi via ATM.


2. Forum Jual Beli Kaskus

Untuk situs jual beli yang satu ini, kita juga harus mendaftar dulu di situs kaskus.co.id. Sama halnya dengan OLX, sobat akan diminta untuk mengisi form pendaftaran. Setelah semua terisi, barulah pihak kaskus akan mengirimkan link aktivasi via email. Aktivasi akun sobat dengan memilih link tersebut.

Setelah sobat resmi menjadi member kaskus, barulah sobat bisa melakukan penjualan. Caranya yaitu setelah sobat login, cari tulisan 'FJB' di sebelah kiri atas halaman utama kaskus lalu pilih tulisan tersebut. Setelah itu cari tulisan 'start selling' di sebelah kanan atas halaman, lalu pilih tulisan tersebut.

Setelah memilih tulisan 'start selling', langkah selanjutnya yang dilakukan sama persis seperti di OLX. Siapkan gambar, spesifikasi barang, harga barang dan informasi kontak penjual (nomor Handphone, Email dan BBM)


3. Bhinneka dan Lazada

Khusus untuk kedua situs tersebut tidak menyediakan lapak untuk penjual, karena mereka sendiri yang menyediakan stock barang untuk dijual kepada pembeli. Namun ada satu cara agar kita bisa mendapatkan penghasilan melalui Bhinneka dan Lazada, yaitu melalui kerjasama affiliasi. 

Pengertian affiliasi adalah mempromosikan barang yang dijual oleh penjual (misal Bhinneka dan Lazada). Kita akan mendapatkan komisi apabila barang terjual melalui link affiliasi kita. Ingat, harus Terjual!

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai affiliasi akan saya jelaskan nanti.


4. Bukalapak

Sesuai namanya, situs Bukalapak ini menyediakan 'lapak' bagi orang-orang yang ingin berjualan di situs mereka. Langkah pertama adalah dengan registrasi dan mengisi form seperti situs-situs lainnya. Setelah registrasi berhasil, kita bisa memulai penjualan di situs tersebut.

Cara berjualan di Bukalapak yaitu dengan menekan tombol 'jual barang'. Selebihnya sobat bisa menjual berbagai macam barang layaknya orang yang memiliki lapak. Sobat pun bisa memberikan nama pada lapak sobat. Istilahnya di situs ini ibarat kita menyewa kios online namun tanpa biaya.

Sistem pembayaran di bukalapak adalah transfer antar rekening (rekening pembeli >> rekening bukalapak >> rekening penjual). Jadi seandainya orang membeli barang di lapak sobat, maka uang yang dikirim pembeli tak langsung masuk ke rekening Sobat. Uang tersebut akan 'mengendap' sementara di rekening bukalapak. Baru setelah barang sampai di tempat pembeli dan pembeli mengkonfirmasi akan hal tersebut -- uang pun segera di transfer dari rekening bukalapak ke rekening sobat.


5. Tokopedia

Situs kali ini juga sesuai dengan namanya yaitu Tokopedia -- menyediakan 'toko online' bagi siapa saja yang ingin buka toko di situs mereka. Untuk sistem di situs ini memiliki kesamaan sistem dengan bukalapak, baik dalam sistem 'buka toko' maupun sistem transaksi. Situs Tokopedia juga memiliki sistem rekening bersama demi keamanan bertransaksi.

Walaupun memiliki kesamaan sistem dengan bukalapak, namun Tokopedia memiliki kelebihan yaitu adanya sistem 'saldo tokopedia'. Dengan saldo tersebut, sobat bisa membeli barang lagi tanpa harus transfer bank. Praktis bukan.


Sekian dulu penjelasan dari saya mengenai Panduan Jual Beli Online (Bagi Penjual)

Pantau terus artikel-artikel dari website ini, karena informasinya sangat bermanfaat bagi kita semua...

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL


Oldest Post