Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Situs Jual Beli Online Terpercaya di Indonesia


Sobat-sobat netizen di manapun kalian berada, kali ini saya akan membahas tentang situs jual beli online terpercaya di Indonesia.

Kita tahu sendiri kalau jaman semakin maju. Ketika era baru mulai menghampiri kita, di mana segalanya dilakukan dengan semakin praktis dan cepat -- banyak hal yang dilkukan secara online. Begitupula dengan jual beli.


berbagai contoh situs jual beli online terpercaya Indonesia
Situs jual-beli online di Indonesia


Untuk saat ini, di Indonesia mulai marak bermunculan situs-situs jual beli online. Entah itu situs yang menyediakan perantara jual beli barang bekas, atau situs yang memiliki produk sendiri ataupun situs yang menjadi perantara jual beli yang terlibat langsung dalam transaksi. Semuanya akan dikupas secara tajam dan mendalam dalam blog saya ini.

Langsung saja saya paparkan mengenai daftar situs jual beli online terpercaya di Indonesia. Berikut pemaparannya, checkidots...


1. OLX

Sobat-sobat pasti tau dengan situs jual beli OLX. Situs yang dulunya bernama asli TokoBagus ini telah di akuisisi (diambil alih) oleh perusahaan luar negeri. 

Konsep dari situs OLX ini ialah sebagai penyedia iklan gratis bagi orang-orang yang ingin menjual barang milik mereka. Kebanyakan barang yang dijual adalah barang-barang bekas alias tak terpakai.

Sistem transaksi yang dilakukan antara penjual dan pembeli tidak melibatkan pihak OLX. Jadi segala resikonya ditanggung oleh pihak penjual maupun pembeli. Kebanyakan dari mereka melakukan transaksi secara langsung (bertemu langsung), karena sebagian besar mereka melakukan penjualan dan pembelian skala regional daerah/ provinsi masing-masing.


2. Berniaga (sekarang OLX)

Konsep situs yang satu ini 11:12 alias hampir mirip sama OLX, namun skalanya tak sebesar OLX. Tapi secara keseluruhan, baik dari sistem transaksi, konsep dan cara penggunaan sangat mirip dengan OLX. Bisa dibilang Berniaga adalah pesaing satu-satunya dari OLX.

Update terbaru: 
Situs Berniaga akhirnya juga di akuisi oleh perusahaan OLX. Alhasil kalau kita menuliskan alamat Berniaga.com di browser kita, maka kita akan langsung terhubung ke situs OLX. Yah, bisa dibilang sekarang Berniaga dan OLX jadi satu kesatuan.


3. Forum Jual Beli Kaskus

Forum Jual beli Kaskus adalah situs jual beli tertua di Indonesia. Konsep yang mereka gunakan sama seperti OLX, yakni tidak ikut campur dalam transaksi pembayaran antara penjual dengan pembeli. Tapi untuk forum jual beli kaskus, mereka menggunakan rekening bersama yang dikelola oleh pihak ketiga. Tujuannya agar pembeli merasa aman karena uang tak langsung masuk ke rekening penjual.

Contoh rekening bersama untuk berjualan di forum jual beli kaskus yaitu: Rekber Blackpanda


4. Bhinneka

Situs jual beli yang satu ini sudah lumayan lama ada di Indonesia. Konsep dari situs ini adalah menjual barang milik mereka sendiri. Artinya mereka ibarat sebuah toko grosir besar yang menyediakan berbagai barang yang dijual kepada masyarakat umum.

Situs jual beli yang satu ini mengingatkan kita pada situs jual beli terbesar di Dunia yaitu Amazon. Di mana konsepnya mengadaptasi dari situs asal Amerika Serikat Tersebut. 

Untuk situs jual beli yang satu ini, tentunya melayani penjualan ke seluruh daerah di Indonesia. Sistem pembayarannya adalah dengan transfer lewat bank langsung ke rekening dari situs ini.


5. Lazada

Sobat-sobat pasti familiar juga dengan situs jual beli yang satu ini. Ya, nama Lazada sangat sering terdengar di telinga kita, karena iklannya sering muncul di televisi. Perlu diketahui kalau Lazada adalah salah satu situs jual beli terbesar di Asia Tenggara. Situs ini dikelola oleh perusahaan luar negeri dan fokus menjalankan bisnisnya di kawasan Asia Tenggara. 

Konsep situs jual beli yang satu ini juga sama seperti Bhinneka, yakni sebagai penyedia barang yang dijual kepada pembeli (grosir online). Dan sistem pembayarannya pun sama pula, yaitu lewat transfer bank.



6. Bukalapak

Situs yang satu ini memiliki konsep yang berbeda dari situs-situs sebelumnya. Dalam situs ini, mereka memberikan peluang bagi orang lain untuk berjualan di situs mereka. Istilahnya mereka sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Di sini penjual bisa membuka 'toko online' mereka.

Sekilas hampir mirip dengan OLX, namun sebenarnya jauh berbeda. Kalau OLX tidak ikut campur dalam masalah transaksi, kalau Bukalapak justru sebaliknya. Mereka turut serta dalam 'menghubungkan' transaksi antara penjual dan pembeli melalui Rekening Bersama yang diberi nama payment system. Di dalam rekening inilah, uang dari pembeli akan 'ditahan' sementara. Baru setelah barang sampai kepada pembeli, uang tersebut akan di transfer dari rekening bersama ke rekening penjual. 

Perlu diketahui, kalau payment sistem dikelola langsung oleh Bukalapak (tidak seperti Forum Jual Beli Kaskus yang mengandalkan pihak ketiga). Tujuannya adalah demi keamanan pembeli dalam bertransaksi jual beli di situs tersebut.


7. Tokopedia

Nah ini dia situs jual beli terakhir yang saya rekomendasikan sebagai salah satu situs jual beli online terpercaya di Indonesia. Untuk situs jual beli yang satu ini memiliki konsep yang sama dengan Bukalapak, yakni sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Sistem pembayarannya pun juga menggunakan Rekening bersama guna memberi rasa aman bagi penjual maupun pembeli. Namun sedikit catatan, sistem rekening bersama yang dimiliki Tokopedia benar-benar menjamin keamanan bertransaksi. Mereka juga mengenal sistem 'saldo tokopedia', di mana apabila uang kita berlebih dalam transaksi -- akan tersimpan sebagai saldo tokopedia. Saldo ini bisa digunakan untuk transaksi selanjutnya.

Khusus untuk situs yang satu ini, saya sangat merekomendasikannya bagi sobat-sobat yang ingin berjualan ataupun yang ingin membeli barang secara online. Prospek dari situs jual beli ini sangat bagus bahkan sangat menjanjikan, bahkan perusahaan penanaman modal dari Korea Selatan berani menanamkan modalnya untuk mengembangkan situs jual beli yang satu ini. Tidak tanggung-tanggung, besaran dana yang digelontorkan adalah Rp 1,3 triliun. Jumlah yang sangat fantastis!

Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya iklan-iklan Tokopedia di stasiun Tivi. Bahkan mereka menggaet salah satu artis film kenamaan (Chelsea Islan (pemeran tokoh Merry Riana dalam film "Merry Riana")) sebagai icon dari situs ini. Bisa dibayangkan besarnya dana yang mereka gunakan demi menggaet bintang film tersebut. Dan hal itu tak lepas dari rasa kepercayaan pihak pemodal kepada mereka. Mereka percaya akan kinerja dan prospek Tokopedia ke depannya -- sehingga pihak pemodal berani menggelontorkan dana yang tidak sedikit.

Demikian artikel tentang situs juak beli online terpercaya di Indonesia ini saya tulis. Semoga bisa menginspirasi sobat-sobat sekalian.

Salam sukses!



Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL