--> Skip to main content



2 Cara Memilih Judul Artikel Yang Tepat

judul artikel yang tepat

Sobat-sobat blogger sekalian, jangan pernah sepelekan judul artikel blog. Apabila sobat tepat dalam memilih judul blog, maka para pembaca akan tertarik untuk mengetahui isi blog. Dengan judul artikel yang menarik, tentunya akan membuat pembaca semakin penasaran dengan isi blog. Jadi di sini akan dibahas tentang cara memilih judul artikel yang tepat agar bisa menarik perhatian pembaca.

Sebelumnya sobat pasti pernah tau kalau Konten adalah raja, blogwalking adalah ratunya. Jadi nyawa dari suatu blog adalah konten -- dan judul artikel merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam suatu konten blog. 

Bagaimanakah cara memilih judul artikel yang tepat ?

Ada banyak cara dalam memilih judul artikel. Ada yang mengatakan kalau judul artikel harus riset kata kunci dulu. Ada juga yang tanpa riset kata kunci (seperti saya) dan langsung bikin judul.

Berikut ini cara saya dalam memilih judul artikel. Silahkan disimak baik-baik.

1. Pilihlah judul yang sifatnya viral
Cara memilih judul artikel yang baik adalah berdasarkan sesuatu yang viral (populer, dari mulut ke mulut). Contoh judul artikel yang viral, antara lain:
- 10 Cara mendapatkan hati wanita
- 5 Hal yang paling dibenci seorang lelaki
- 7 Kota dengan panorama terindah di dunia
Sekarang ini sedang tren judul artikel diawali dengan angka. Saya pun turut mengikuti tren tersebut -- dan sebagian besar postingan di blog ini diawali dengan angka.

2. Pilihlah judul yang menarik dan bikin penasaran
Cara kedua dalam memilih judul artikel blog adalah, pilihlah judul yang menarik dan bisa membuat penasaran para pembaca. Dengan judul yang menarik, tentunya akan membuat pembaca semakin penasaran dengan isi artikel. Contoh judul artikel yang menarik dan bikin penasaran, antara lain:
- 3 Wanita ini mengungkapkan rahasia kecantikannya
- Pengakuan dari seorang pakar bisnis tentang rahasia kesuksesannya
- Mungkinkah aktor dan artis ini akan menjadi sepasang kekasih?

Begitu pentingnya dalam memilih judul artikel, sehingga sobat-sobat perlu memperhatikan pemilihan judul yang tepat dan benar-benar mempengaruhi pembaca yang melihat judul tersebut. Bahkan salah satu blogger sukses pernah berkata, kalau 1 artikel ditulis selama 2 jam, maka durasi dalam pemilihan judul artikel tersebut adalah separuhnya. Hmm..

Demikian artikel yang amat singkat ini saya tulis. Semoga bisa memberikan manfaat bagi sobat semuanya.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang