Skip to main content

3 Manfaat Dari Kegiatan Blogging


kegunaan dari blogging
pixabay


3 manfaat dari kegiatan blogging. Sobat-sobat netizen, kegiatan blogging merupakan salah satu kegiatan terpopuler saat ini. Banyak sekali netizen yang menghabiskan waktu di depan komputer, laptop maupun gadget lainnya -- hanya untuk melakukan kegiatan ini.

Beragam tujuan dari blogging yang dilakukan oleh para netizen, antara lain sebagai hobi, sebagai media sharing, sebagai sumber penghasilan, dan lain sebagainya. Khusus yang menjadikan kegiatan blogging sebagai sumber penghasilan -- atau bahasa kerennya blogging for money -- ada yang tujuannya tercapai, ada yang masih dalam proses dan ada juga yang belum menghasilkan tapi sudah berhenti di tengah jalan. 

Bagi yang sudah menyerah di tengah jalan, kebanyakan alasannya karena jenuh dan terlalu sibuk. Apalagi kegiatan blogging for money tidak semudah yang dipikirkan. Perlu proses panjang disertai dengan komitmen, fokus dan konsistensi yang tinggi -- agar tujuan akhir bisa tercapai. Tujuan akhir berupa penghasilan dollar yang melimpah... 

Terlepas dari tujuan masing-masing blogger, sebenarnya kegiatan blogging ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa -- baik untuk diri sendiri, maupun untuk orang lain.

Berikut ini akan saya paparkan mengenai 3 manfaat dari kegiatan blogging. Semoga 3 hal ini bisa memberikan inspirasi bagi para blogger sekalian. 


1. Menambah ilmu

Tanpa kita sadari, kegiatan di bidang blogging ini sudah memberikan tambahan ilmu bagi kita sendiri. Ilmu yang saya maksud antara lain, ilmu tentang mengedit template, menambah jam terbang menulis, tahu tentang SEO dan lain sebagainya.
Ilmu-ilmu yang saya sebutkan di atas -- tidak semua orang bisa melakukannya. Hanya orang-orang yang berkecimpung di dunia internet yang bisa mendapatkannya -- termasuk para blogger sekalian.


2. Menambah teman

Tidak dapat dipungkiri kalau kegiatan blogging dapat menambah teman -- khususnya di dunia maya. Dengan aktif menulis di blog, kemungkinan akan banyak yang membaca tulisan dari blog tersebut. Tidak sedikit pula yang memberikan komentar dan sapaan. 
Dari situlah awal mula pertemanan terjadi. Dari komunikasi, sharing dan perkenalan yang terjadi melalui kunjungan orang lain ke blog kita. Lama-kelamaan mereka yang berkunjung itu akan semakin kenal dengan kita. Mereka mulai hafal dan mengerti tentang 'identitas' kita yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Dan yang terpenting mereka akan selalu berkunjung ke blog kita dan semakin mengenal kita sebagai rekan sesama blogger.


3. Memberi informasi yang dibutuhkan orang lain

Manfaat terakhir dari kegiatan blogging yaitu memberikan informasi yang dibutuhkan orang lain.
Apa yang kita tulis dan apa yang kita share di blog bisa saja merupakan informasi yang selama ini dicari-cari orang lain. Pengalaman dan ilmu yang telah kita tulis itu tentunya bisa memberikan manfaat bagi orang yang memang memiliki minat di bidang yang kita kuasai itu. Mereka seperti haus akan informasi, dan kebetulan tulisan kita menjadi 'penyejuk dahaga' bagi mereka.
Secara tidak langsung, manfaat dari kegiatan ini adalah memberikan suatu solusi, ilmu dan pengalaman berharga yang tentunya sangat penting bagi yang membutuhkan. Bukankah kita akan mendapatkan pahala -- apabila kita berbagi ilmu kepada sesama?
Demikian 3 manfaat dari kegiatan blogging ini saya tulis. Jangan lupa agar sobat-sobat blogger untuk selalu bersemangat dalam melakukan kegiatan blogging. Jadikan kegiatan blogging sebagai hobi yang menyenangkan, sehingga  tidak mudah untuk mengalami yang namanya kejenuhan.

Terima kasih atas kunjungan sobat-sobat  dan  semoga tulisan saya ini bisa memberikan inspirasi bagi sobat-sobat semuanya.

 Salam sukses!
Baca Juga
[NEW] Daftar situs penyedia dropship