--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



3 Tips Dalam Memilih Domain Blog


tips dalam memilih domain blog
pixabay

3 tips dalam menentukan domain blogSobat-sobat netizen, tahukah kalian apa itu domain? Berdasarkan Kamus Bisnis Online di Onlenpedia.com -- domain adalah nama atau alamat dari sebuah website atau blog yang diawali dengan WWW atau tanpa WWW -- dan diakhiri dengan salah satu diantara ekstensi .com, .net, .org, .co, .biz atau ekstensi lainnya.

Domain ini bervariasi, tergantung si pemilik website atau blog yang memberikan domain untuk website atau blog mereka. Namun, kebanyakan teman-teman blogger menggunakan nama mereka sebagai domain dari blog. Ada juga yang menggunakan kata kunci utama sebagai domain di blog mereka. Pokoknya kita bebas untuk menentukan domain website atau blog kita -- asalkan tidak mengandung kata-kata yang tidak pantas. 

Khusus untuk website, biasanya domainnya adalah merk dari produk yang dijual -- atau nama dari perusahaan pemilik website tersebut (misal: www.evotemplates.net, www.unilever.com, dan lain sebagainya). Atau bisa juga domain website ini mewakili personal dari public figure, seperti politikus, artis, grup band dan lain sebagainya.

Kali ini saya memiliki tips tersendiri dalam menentukan domain -- khusus untuk blog. Berikut ini 3 tips dalam menentukan domain dari blog (versi saya). Silahkan disimak baik-baik.


1. Kalau Bisa Jangan mengandung kata kunci

Tips pertama dari saya dalam menentukan domain blog adalah -- kalau bisa jangan mengandung kata kunci.
Sebenarnya sah-sah saja kalau sobat ingin menggunakan kata kunci sebagai domain sobat. Tapi menurut pendapat saya, hal seperti ini terlalu dipaksakan dan sedikit rancu. Misalkan ada domain dari blog seperti 'caramembuatnasigoreng.com'. Menurut saya domain seperti itu hanya fokus pada kata kunci. Sang pemilik ingin kata kunci dalam blognya bisa lebih mudah dikenali oleh google. 
Kekurangan lain dari domain jenis ini adalah -- sang pemilik blog harus siap bersaing dengan website atau blog lain yang fokus dengan kata kunci yang ada di domain sobat. Berapa banyak website atau blog lain yang memiliki kata kunci serupa dengan domain milik sobat -- dan mereka semua harus bisa sobat kalahkan demi mendapatkan posisi di halaman pertama google.


2. Gunakan nama yang berpotensi menjadi brand

Tips kedua dari saya dalam menentukan domain blog adalah -- menggunakan nama yang berpotensi menjadi brand di masa yang akan datang. 
Sebagai contoh, bisa sobat lihat nama blog seperti TechCrunch yang merupakan salah satu blog tersukses di dunia. Blog tersebut kini menjadi semacam brand yang selalu berbagi informasi seputar teknologi. Sobat bisa lihat domain dari blog tersebut yang tidak menggunakan nama pemilik ataupun menggunakan kata kunci. Sang pemilik blog membuat nama sendiri yang unik dan inovatif. Sang pemilik blog memiliki visi kalau blognya di masa mendatang akan menjadi brand yang diperhitungkan. Dan dia mempersiapkan brandnya itu dalam bentuk domain yang unik.


3. Usahakan diakhiri dengan ekstensi .com (bagi yang tujuannya komersil)

Untuk tips kali ini, hanya ditujukan bagi blog yang bertujuan untuk komersil. 
Kita tentunya tahu, berbagai ekstensi memiliki makna tersendiri, antara lain:
- .com artinya commercial (untuk komersil)
- .net artinya network (perusahaan penyedia jaringan)
- .org artinya organisasi (domain untuk organisasi non komersil)
- .co artinya company (domain untuk perusahaan resmi. Biasanya diakhiri dengan inisial negara asal -- seperti .co.id, .co.us, .co.uk dan lain sebagainya)
- .gov artinya goverment (domain untuk website resmi pemerintahan)
- .mil artinya militer (domain untuk website resmi militer)
- .edu artinya education (domain untuk organisasi di bidang pendidikan)
- dan lain sebagainya.
Kalau saya menyarankan agar sobat memilih .com -- karena ekstensi itu yang paling cocok untuk blog yang bersifat komersil. Tapi, tidak masalah kalau sobat ingin menggunakan ekstensi yang lain. Akhir-akhir ini memang ekstensi lain semisal .net dan .org juga terkadang digunakan untuk tujuan komersil. Walaupun bagi saya pribadi ekstensi .com lah yang lebih bagus dan paling lumrah digunakan.

Demikian tips dari saya mengenai cara memilih domain untuk blog. Semoga bisa memberikan manfaat bagi sobat-sobat sekalian.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang