--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



3 Tips Menjadi Dropshipper di Ebay

tips sukses dropshipper ebay
pixabay

Sobat-sobat netizen, kali ini saya akan membahas tentang tips menjadi dropshipper di Ebay. Bagi sobat-sobat yang ingin mendalami dan memahami tentang dropshipper khususnya untuk berjualan di Ebay -- saya sarankan agar sobat-sobat membaca postingan ini sampai akhir. Di dalam postingan ini akan saya kupas tips-tips yang belum diketahui oleh mereka yang belum merasakan bagaimana berjualan dengan sistem dropshipper di Ebay.
Banyak hal yang belum diketahui oleh mereka yang belum terjun langsung di situs ini. Bagaimana pahit dan manisnya menjadi dropshipper di Ebay. Semuanya akan saya rangkum dalam judul '3 tips menjadi dropshipper di Ebay'. Sedikit catatan, tips yang saya tulis ini ditujukan bagi sobat yang sudah punya akun paypal primer dan sudah terverifikasi -- dan tentunya sudah memiliki akun ebay.

Berikut ini 3 tips menjadi dropshipper di Ebay. Silahkan disimak baik-baik.


ebay


1. Siapkan modal awal 30 dollar

Awalnya saya mengira menjadi dropshipper itu tidak membutuhkan modal sama sekali. Namun berkat terjun langsung menjadi seller -- khususnya dropshipper di Ebay -- saya menjadi tahu tentang beberapa hal yang awalnya tidak saya ketahui.
Adalah sebuah kebohongan besar yang mengatakan -- kalau menjadi dropshipper di Ebay tidak memerlukan modal sama sekali. Pada dasarnya modal itu perlu -- minimal sekitar 30 Dollar. Kenapa bisa demikian?
Banyak informasi yang mengupas tentang Ebay di luar sana -- tapi menurut saya tidak terlalu mendalam dan menyeluruh. 
Banyak hal yang tidak diketahui para pemula tentang regulasi-regulasi yang ada di Ebay. Salah satu regulasi yang saya maksud adalah -- dana dari pembeli yang membeli barang dari kita tak bisa diapa-apakan selama 21 hari (dana ditahan paypal). Jelas hal ini sangat menyulitkan bagi para dropshipper yang harus memesan barang kepada vendor. Apabila dana dari pembeli di Ebay tak bisa cair -- bagaimana cara membeli barang di vendor?
Jawabannya dengan kocek sendiri.
Sebenarnya di dalam FAQ (Frequently Asked Question) Ebay tertulis -- dana akan cair lebih cepat (dari 21 hari), apabila:
- Upload tracking number. Dengan mengupload tracking number, dana bisa digunakan dalam 3 hari ke depan
- Tandai barang sebagai terkirim (mark item as shipped) -- maka dana bisa digunakan dalam 7 hari ke depan.
Kedua cara di atas sudah saya lakukan, namun kenyataannya -- dana tidak cair dalam kurun waktu yang disebutkan. Kenyataannya, Dana tetap ditahan selama  21 hari. Entah kenapa, itu semua tidak sesuai dengan yang tertulis di FAQ. Dan hanya seller Ebay yang terjun langsung yang tahu tentang hal ini.
Kembali lagi dengan pengadaan modal minimal 30 Dollar di akun paypal. Mengapa harus 30 dollar?
Sebenarnya Ebay akan menganggap seorang seller menjadi 'seller terpercaya' apabila:
- Melakukan transaksi penjualan sampai dengan 250 dollar
- Melakukan penjualan sukses sebanyak 25 kali
- Menunggu 90 hari setelah penjualan pertama sukses.
Apa keuntungannya kalau mendapatkan status seller terpercaya?
Jawabannya adalah tidak ada tahan-menahan dana lagi. Setiap kali dana pembeli masuk ke akun paypal kita, maka dana tersebut bisa digunakan langsung untuk membeli barang di vendor (tanpa harus menunggu 21 hari).
Dari 3 cara menjadi seller terpercaya di atas, menurut saya cara nomor 2 yang paling bagus. 
Maka dari itu, saya menyarankan agar bermodalkan minimal 30 dollar. Tujuannya agar bisa melakukan 25 tansaksi penjualan dalam sekejap.
Caranya?
Listing barang yang harganya rata-rata 1 dollar, sebanyak 25 item -- bisa sama atau berbeda-beda -- terserah sobat. Dan tunggu sampai 25 item tersebut terjual. Apabila ada barang yang tak terjual -- ganti lagi dengan barang lain -- tapi ingat harganya jangan lebih dari 1 Dollar (cari barang yang saat ini laris di Ebay dengan harga 1 dollar).
Penting untuk diingat bagi seller pemula di Ebay:
- Untuk seller pemula, jangan fokus pada keuntungan dulu -- tapi fokus pada total penjualan sukses. Jual barang dengan harga lebih murah dari barang sejenis yang dijual seller lainnya di Ebay (riset dulu sebelum menentukan harga)
- Untuk seller pemula, fokuslah untuk mengejar feedback positif. Semakin banyak feedback positif semakin bagus di mata Ebay
- Sering-sering berinteraksi dengan pembeli maupun vendor -- baik via email atau via messenger. Gunanya agar pembeli kita merasa puas akan kinerja dan layanan kita yang bagus. Komunikasi dengan vendor penting untuk mengingatkan jikalau barang belum juga sampai di tempat pembeli. Gunakanlah google translator bagi yang bahasa Inggrisnya pas-pasan (seperti saya).

Belum punya akun Paypal? Silahkan baca:

Cara daftar dan verifikasi Paypal untuk bisnis online anda


2. Pilih vendor yang terpercaya (cari reviewnya di google)

Poin kedua ini sangat penting bagi seorang dropshipper di Ebay. Jangan sampai salah dalam memilih vendor -- karena vendor yang buruk akan membuat reputasi kita sebagai dropshipper buruk di mata pembeli. Jauhilah vendor yang lama dalam memproses dan mengirim barang, serta vendor yang mengirim barang tak sesuai pada gambar dan keterangan barang (warna, bentuk, ukuran) -- apalagi barang tersebut cacat.
Untuk mendapatkan vendor yang bagus -- sering-seringlah membaca review tiap-tiap vendor di google. Untuk saya pribadi mereferensikan 3 vendor berikut yang menurut saya cukup bagus dan terpercaya, antara lain:
- Deal Extreme
- Fyvess
- AliExpress
Tapi sobat-sobat tetap harus mencari review terbaru tentang ketiga vendor di atas. Jangan malas untuk googling.


3. Mengejar penjualan yang sukses dan feedback positif sebanyak-banyaknya

Seperti yang dijelaskan pada poin satu, poin ketiga ini hanya melengkapi saja. Intinya sobat-sobat selaku seller pemula di Ebay jangan fokus pada keuntungan dulu. Dalam 2 bulan pertama -- kejarlah feedback positif sebanyak-banyaknya -- karena Ebay juga melihat feedback ini sebagai tolak ukur untuk jangka panjang. Bukan tidak mungkin kalau sobat berhasil mengumpulkan banyak feedback positif -- sobat-sobat bisa masuk jajaran Top Seller di Ebay. Bukankah itu impian setiap seller di Ebay?

Demikian artikel tentang 3 tips menjadi dropshipper di Ebay ini saya tulis. Semoga bisa memberikan manfaat bagi sobat-sobat sekalian -- terutama yang sedang fokus sebagai dropshipper di Ebay.

Terima kasih atas kunjungannya dan salam sukses!
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang