--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



5 Hal Paling Mendasar Dalam Teknik SEO

hal paling mendasar dalam seo
ilustrasi dari www.concavehull.com

5 hal paling mendasar dalam teknik SEO. Sobat-sobat netizen, yang dimaksud dengan SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik mengoptimisasi mesin pencari dengan 'cara yang khusus'. Teknik ini sedikit berbau manipulatip terhadap mesin pencari -- semisal Google. Nah, dengan teknik SEO inilah website atau blog kita -- meskipun umurnya tidak terlalu lama -- tapi bisa dengan cepat berada di halaman pertama Google.

Begitu penting untuk berada di halaman pertama Google -- karena orang-orang lebih suka mengunjungi website atau blog yang berada di halaman pertama Google. Dan itu tentunya akan membuat traffic website atau blog kita menjadi bagus. Untuk itulah, perlu sedikit 'sentuhan' SEO agar kita tidak harus menunggu terlalu lama agar website atau blog kita nangkring di halaman 1 google.

Berikut ini akan saya jelaskan mengenai 5 hal yang paling mendasar dalam teknik SEO. Silahkan disimak.


1. Judul Artikel
Hal yang paling mendasar dalam teknik SEO adalah dalam hal teknik membuat judul artikel. Usahakan agar judul artikel mengandung kata kunci utama yang sobat bidik. Untuk menentukan kata kunci, usahakan gunakan long tail keyword karena persaingan di kata kunci pendek sangatlah berat. Usahakan juga untuk meriset kata kunci di Google Adwords Keyword Planner Tools -- tentukan kata kunci dengan tingkat persaingan yang sedang -- namun lumayan banyak dicari tiap bulannya. Dan jangan lupa agar kata kunci tersebut sobat letakkan di bagian judul artikel -- agar teknik SEO ini bisa bekerja dengan baik.

2. Konten
Konten adalah raja -- dan inilah yang menjadi elemen paling penting dalam menjalankan teknik SEO. 
Di era algoritma penguin dan panda ini -- setiap konten/artikel yang mengandung terlalu banyak kata kunci kemungkinan peringkatnya tidak akan bagus di mesin pencari google. Usahakan untuk meletakkan maksimal kata kunci utama di tiga bagian artikel(paragraf 1, 3 dan akhir) -- dan dilanjutkan dengan beberapa kata kunci terusan. 
Contoh kata kunci utama: 'smartphone android termurah', maka kata kunci terusannya adalah: 'kelebihan smartphone android termurah', 'smartphone android termurah yang paling populer', 'alasan membeli smartphone android termurah' dan lain sebagainya.

3. Gambar
Keberadaan gambar dalam artikel merupakan hal yang mendasar dalam teknik SEO. Setiap kali sobat membuat artikel, usahakan agar setidaknya mengandung 1 buah gambar di setiap artikel. Dan jangan lupa untuk mengisi properti gambar -- seperti 'alt tag' dan 'tittle tag' yang mengandung kata kunci dan kata kunci terusan.

4. Internal Link
Dalam SEO, internal linking juga merupakan hal dasar yang harus diperhatikan. Yang dimaksud dengan internal link adalah -- ketika sobat membuat artikel -- jangan lupa untuk menyisipkan anchor text berisi link yang mengarah ke artikel lain di blog sobat. Jangan lupa agar menulis anchor text sesuai dengan judul artikel yang sobat tuju. Satu lagi, kalau bisa dalam menyisipkan anchor text ini -- topiknya harus relevan dengan isi dari artikel tersebut.

5. Backlink
Di era google panda dan penguin ini, backlink tidak lagi menjadi primadona atau senjata utama dalam teknik SEO. Di era sekarang ini, kalau terlalu banyak backlink -- apalagi backlinknya tidak berkualitas dan berasal dari blog yang topiknya tidak relevan dengan topik blog sobat -- kemungkinan hasilnya tidak terlalu berpengaruh terhadap peringkat blog sobat di halaman google.
Adapun teknik backlink yang masih disukai google, antara lain:
1. Backlink dari social media, seperti facebook, google+ dan twitter
2. Backlink dari blog ber PR bagus -- tapi yang topiknya relevan dengan blog sobat
3. Backlink dari grup-grup yang relevan dengan topik blog sobat.
Ada baiknya dalam membangun SEO dengan backlink ini agar menghindari teknik spam, karena hal itu tidak disukai oleh google.

Demikian 5 hal paling mendasar dalam teknik SEO ini saya tulis, semoga bisa memberikan inspirasi bagi sobat-sobat semuanya.

Salam sukses!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang