--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



7 Sumber Penghasilan Dari Internet

online money


7 sumber penghasilan dari internet. Sobat-sobat netizen di manapun kalian berada, di era globalisasi sekarang ini -- aktivitas di internet menjadi salah satu primadona di Indonesia. Tercatat di tahun 2019 ini, jumlah pengguna internet di Indonesia telah menembus angka 170 juta pengguna. Jumlah yang sangat fantastis, bukan?


Sebagian besar orang Indonesia menggunakan media internet untuk mencari berita terbaru, berita tentang sepakbola, berita tentang selebritis, tips-tips kesehatan, tentang teknologi, tentang otomotif dan masih banyak lagi. Namun alangkah baiknya agar menjadikan internet sebagai sumber penghasilan sampingan atau mungkin juga sumber penghasilan utama -- karena internet di masa sekarang ibarat "pasar raksasa" yang memungkinkan kita untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya. Banyak sekali sumber penghasilan yang ada di internet ini.

Seperti halnya bisnis di dunia nyata, bisnis di internet juga memerlukan kerja keras, fokus dan konsistensi yang tinggi. Sebuah kebohongan besar yang mengatakan kalau mencari penghasilan di internet itu mudah, instan dan cepat. Sering ada artikel-artikel di internet yang isinya "Cara cepat menghasilkan uang di internet" dan bla bla bla. Sobat jangan langsung percaya begitu saja, karena bisa jadi itu adalah "jebakan batman" dari oknum-oknum yang mengaku mastah yang ingin mengeruk keuntungan dari para newbie yang haus akan informasi tentang bisnis di internet. Ujung-ujungnya sobat disuruh membeli EBook yang notabene isinya tidak terlalu berkualitas dan banyak informasi serupa yang bisa didapat secara gratis di google.

Baiklah, langsung saja akan saya paparkan mengenai 7 sumber penghasilan dari internet -- bagi sobat-sobat yang haus akan informasi mengenai bisnis di internet. Berikut penjelasannya.

7 Sumber Penghasilan Dari Internet


1. Jual Barang Via Internet

Hal yang paling umum dilakukan dalam bisnis di internet adalah jualan barang. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan website atau blog -- maupun lewat media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Bisnis tipe ini tergolong yang paling simpel dan mudah untuk dilakukan dan saat ini yang paling populer sebagai sumber penghasilan di internet.

Ada kendala, di mana seorang penjual online tak memiliki stok barang. Tapi hal itu tidaklah mengkhawatirkan, karena ada sistem reseller maupun dropship.

Untuk sistem dropship sendiri, anda tak perlu susah payah mengepak barang. Hal itu merupakan tanggung jawab pemilik produk.


2. Jual Jasa via Internet

Sumber penghasilan dari internet selanjutnya adalah jual jasa via internet. Jual jasa via internet bisa dilakukan melalui website atau blog tentang bidang keahlian yang sobat kuasai -- misalnya kita contohkan di bidang reparasi komputer. Sobat cukup membuat website atau blog yang isinya tentang komputer -- dan sobat bisa mencantumkan jasa yang sobat tawarkan di dalamnya.
Bagi yang tak memiliki website atau blog bisa juga dengan menjual jasa di situs freelance seperti odesk, elance dan fiverr. Sudah banyak orang-orang yang menjadikan 3 website itu sebagai sumber penghasikan di internet.


3. Affiliasi dan CPA

Affiliasi dan CPA merupakan salah satu dari 7 sumber penghasilan dari internet yang masih populer sampai saat ini. Caranya adalah dengan mempromosikan barang, aplikasi, ebook, dan produk lainnya milik orang lain -- sampai produk tersebut terjual pada affiliasi -- dan terjadi action (download, sale, lead) pada CPA. Apabila produk terjual atau terjadi action -- maka sobat akan mendapatkan komisi dari si pemilik produk.

Cara memasarkan produk affiliasi bisa melalui blog milik sendiri, atau dengan membeli traffic/ memasang iklan di google ads, facebook ads dan traffic source lainnya.

Untuk contoh situs penyedia kerjasama CPA, ada satu rekomendasi dari kami -- yakni situs bernama Dr.Cash.

Dr.Cash adalah salah satu afiliasi CPA terbesar di dunia yang produk-produknya bergerak di bidang nutra (kesehatan). Mereka menjalankan penjualan dengan sistem COD atau Cash on Delivery. Jadi, calon pembeli tak akan khawatir -- karena pembayaran dilakukan setelah barang sampai.

Jika anda seorang webmaster -- atau lebih umumnya adalah publisher, anda bisa mendaftar program affiliasi Dr.Cash. Jika anda diterima, anda bisa langsung memilih produk dan mulai mengiklankannya.

Untuk leads yang akan tercipta, anda akan menerima komisi untuk tarif yang ditetapkan dalam program afiliasi oleh advertiser.

Ada 2402 offers di bidang nutra yang tersedia di sana. Diantaranya ada 46 niche kecantikan dan kesehatan manusia. Setiap orang akan dapat memilih penawaran untuk traffic dari situs yang mereka miliki.

Untuk pembayaran komisi affiliate, akan dilakukan setiap hari Senin, Rabu, Jumat.

Metode pembayaran:
- ePayments, Paxum - dapat dicairkan ketika komisi terkumpul minimal $ 50;
- PayPal - mulai dari $ 50 (dengan komisi 3%);
- Wire - mulai dari $ 1500 (jika kurang, maka komisi 3%).

Informasi lainnya:
- Pembayaran pertama kali akan dihold selam 2 minggu, namun selanjutnya akan dihapus penangguhan tersebut (jika anda memenuhi syarat)
- Untuk GEO target adalah di seluruh dunia
- Nantinya juga ada top offers setiap minggunya.

Untuk lebih detailnya, bisa anda lihat di situs resmi affiliasi CPA ini.


4. Memasang iklan PPC (Pay Per Click) di  website/blog

Sumber penghasilan dari internet yang ke 4 adalah memasang iklan PPC di blog.
Sebagian besar internet marketer/ pebisnis di internet sangat berminat memasang iklan PPC di blog mereka, karena cara menghasilkan uang dengan metode ini lumayan menjanjikan. Kita akan dibayar apabila pengunjung blog kita mengunjungi iklan yang kita pasang. Dan cara ini memungkinkan kita untuk mendapatkan pasif income dari internet, karena blog yang kita bangun di awal dengan susah payah -- akan memberikan hasil di kemudian hari melalui PPC ini.
Salah satu situs penyedia iklan PPC terpopuler di dunia yaitu google adsense, merupakan salah satu situs penyedia iklan PPC yang paling diminati. Namun karena ketatnya syarat yang diberikan oleh google adsense -- membuat orang-orang mencari alternatif lain -- semisal infolinks, chitika, kl*ksaya, adstars, adplus, id blog network dan lain sebagainya.


5. Memasang iklan PPM (Pay Per Mile) di website/blog

Sumber penghasilan dari internet yang ini bisa dibilang cara yang paling 'aman'. Di Sistem PPM ini, kita akan dibayar komisi dengan perhitungan setiap 1000 kali tampilan dari iklan yang kita pasang di blog kita. Dan kita tetap di bayar walaupun tak ada kunjungan yang terjadi. Namun besar penghasilannya saya rasa masih kalah dengan PPC.
Contoh situs penyedia iklan PPM adalah popads, popcash, yllix, dan lain sebagainya.


6. Memasang iklan mandiri di website/blog

Untuk sumber penghasilan yang satu ini, sobat harus memiliki blog bertraffic tinggi agar bisa dilirik oleh para pemasang iklan. Selain itu, sobat-sobat juga harus rajin menjemput bola alias melobby perusahaan yang ingin sobat iklankan. Caranya bisa dengan mengirim proposal penawaran via email ke perusahaan tersebut, dan jangan lupa untuk memasang tarif yang wajar agar perusahaan tertarik memasang iklan di blog sobat. Andai proposal sobat diterima, tentunya hal ini akan menjadi sumber penghasilan yang lumayan menjanjikan dari internet.


7. Ikut Survey Online

Sumber penghasilan dari internet yang ke 7 alias yang terakhir adalah ikut survey online.
Saat ini banyak sekali situs penyedia survey online yang memungkinkan sobat-sobat untuk mendapatkan uang dari internet. Sobat-sobat cukup menjawab pertanyaan yang jumlahnya puluhan buah, maka sobat akan mendapatkan penghasikan atas survey yang sobat ikuti. 
Kebanyakan cara ini hanya dijadikan sebagai sumber penghasilan sampingan dari internet -- karena cara terakhir ini merupakan cara yang hasilnya paling sedikit dibanding sumber penghasilan lainnya.

Demikian artikel tentang 7 sumber penghasilan dari internet ini saya tulis. Bagi sobat yang tertarik dengan bisnis di internet agar bisa konsisten dan fokus menjalankan metode yang sobat pilih.

Semoga bisa menginspirasi dan Salam Sukses!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang