Skip to main content

Apa Itu Affiliasi CPA (Cost Per Action)?


Sobat-sobat netizen, yang dimaksud dengan CPA (Cost Per Action) adalah affiliasi yang dibayar apabila terjadi Action (tindakan) yang terjadi pada barang, jasa atau apa saja yang kita promosikan kepada pengunjung/buyer. Action (tindakan) yang dimaksud tak hanya sale (penjualan)  saja -- tapi bisa juga download (untuk produk aplikasi) dan lead (submitting email). Artinya konversi yang terjadi di CPA ini lebih bervariasi ketimbang affiliasi konvensional.




Cost Per Action


Hal-hal yang perlu sobat ketahui dari CPA ini antara lain:

1. Traffic Source
Traffic source adalah sumber traffic yang harus dimiliki oleh seorang CPA marketer dalam menjalankan campaign. Sumber traffic ini bisa bikinan sendiri (pemilik blog dan aplikasi) -- atau bisa juga dengan berbayar bagi yang memiliki budget. Tapi kebanyakan CPA marketer lebih memilih untuk menggunakan traffic berbayar -- karena lebih efektif dan leluasa dalam menentukan target. 
Prinsip CPA marketer jenis ini adalah mengeluarkan sejumlah uang -- dengan tujuan mendapatkan uang yang lebih banyak.

(Affiliasi dengan bonus Rp 75.000,- per refferal, buka di >>> SUPPLIER ID , kemudian cari tulisan Affiliasi di bagian paling bawah website tersebut)

2. CPA Network
CPA Network adalah tempat berkumpulnya campaign-campaign yang nantinya dipromosikan oleh CPA marketer. Campaign-campaign tersebut berasal dari pemilik aplikasi, pemilik produk dan pemilik brand yang memasang campaign mereka di affiliate network.
Contoh website CPA network antara lain, mobpartner, mundo media, click dealer dan peerfly.

3. Campaign
Campaign adalah materi yang akan dipromosikan oleh CPA marketer. Apabila materi tersebut berhasil menimbulkan action (tindakan) dari pengunjung/buyer -- maka si CPA marketer akan mendapatkan komisi dari pemilik campaign. Action (tindakan) yang dimaksud bisa sale, download, lead dan lain sebagainya.
Contoh campaign yang paling populer adalah download aplikasi. Sobat akan dibayar apabila ada orang yang mendownload campaign (aplikasi) yang sobat promosikan di traffic source.

Apabila sobat-sobat mempunyai pertanyaan seputar CPA, silahkan tulis di kolom komentar -- atau bisa juga kirim pesan di laman kontak kami.

Terima kasih atas kunjungan sobat-sobat dan salam sukses!


Kunjungi Juga:

Baca Juga