--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Apakah Bisa Sukses Berjualan Online di Tokopedia?

penjual sukses di tokopedia

Sobat-sobat netizen, para calon pengusaha online di manapun kalian berada. Pertanyaan kali ini tertuju kepada situs favorit saya yaitu Tokopedia. Pertanyaannya, Apakah Bisa Sukses Berjualan Online di Tokopedia?

Ada yang bisa menjawab?

Kita tahu sendiri kalau Tokopedia adalah salah satu situs ecommerce terbesar di Indonesia. Situs ini mempertemukan antara penjual dan pembeli yang bertransaksi secara online. Tokopedia hanya berperan sebagai penengah atau fasilitator yang menyediakan lapak toko dan rekening bersama. Untuk jual-beli, biasanya dilakukan oleh masyarakat yang memiliki akun di situs ini.


Kembali ke pertanyaan, apakah bisa sukses berjualan online di Tokopedia?

Kalau bertanya bisa atau tidak -- tentu saja jawabannya bisa. Namun, prosesnya ada yang mudah dan ada yang sulit. Untuk saat sekarang ini tergolong sulit, tapi masih ada harapan untuk bisa sukses. Sebagai referensi penjual sukses di Tokopedia, silahkan baca
Kisah Sukses Jualan Online Dengan Brand Sendiri.

Dengan membaca artikel di atas, terjawab sudah mengenai pertanyaan 'bisa atau tidaknya' sukses dalam berjualan di Tokopedia. Karena contoh di atas adalah bukti nyata kesuksesan seorang penjual di Tokopedia yang memiliki brand sendiri.

Lain lagi halnya kalau pertanyaannya adalah -- 'bagaimana cara sukses di Tokopedia?' Untuk pertanyaan yang satu ini saya tidak bisa menjawab, karena saya tidak pernah berjualan di Tokopedia. Saya hanya pernah membuka toko di sana -- dan sampai sekarang saya tak pernah posting produk. Alasannya adalah karena saya malas. Malas dalam hal bersaing dengan penjual yang sudah ada dan memiliki banyak stok barang dan jumlah penjualan positif. Hanya penjual yang memiliki banyak barang yang memiliki kemungkinan sukses lebih besar. Sedangkan saya tidak memiliki stok barang. Yang saya punya hanyalah stok artikel blog :D.

Walaupun saya tak tahu caranya sukses berjualan di Tokopedia, tapi saya bisa menggambarkan bagaimana menjadi penjual di Tokopedia berdasarkan yang saya baca di sebuah artikel. Intinya persaingan di sana sangat ketat, barang yang dijual sangat murah dan sulit untuk memenangkan persaingan kalau stok barang sedikit. Kalau bisa, jual lah barang yang belum ada di sana -- akan tetapi memiliki potensi untuk laris manis.

Ada satu kelebihan kalau kita berjualan di Tokopedia. Kita tak perlu susah payah promosi, karena pembeli akan datang dengan sendirinya. Mungkin ini karena efek dari promo gencar yang dilakukan oleh Tokopedia di televisi. Jadinya untuk promosi sudah bukan urusan kita lagi.

Saran saya, bagi sobat-sobat yang ingin serius di Tokopedia, amalkanlah KFK -- Komitmen, Fokus dan Konsisten. Niscaya mental sobat akan lebih kuat dan tak mudah rapuh. 

Semoga saja bisa!
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang