--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Bangunlah Blog Untuk Jangka Panjang

membangun blog untuk jangka panjang

Sobat-sobat netizen khususnya para blogger sekalian di manapun kalian berada. Kali ini saya akan berbagi pandangan mengenai tujuan blogging (versi saya). Yang mana blogging versi saya ini mungkin sudah ada yang membahas. Di sini saya hanya mengingatkan sekalian menambahkan saja. Kalau menurut saya, dalam membangun blog -- usahakan untuk jangka panjang (bukan untuk jangka pendek).

Untuk membangun blog jangka panjang, hindarilah blog yang bertipe micro niche. Karena blog dengan tipe tersebut sifatnya jangka pendek. Biasanya setelah tidak 'menghasilkan' lagi -- maka blog tipe tersebut akan dijual. 

Untuk membangun blog jangka panjang, buatlah blog dengan niche yang terus berkembang dari waktu ke waktu. Kemudian pikirkan juga cara memonetisasi nantinya -- serta rencanakan pula bagaimana membangun brand yang kuat dari blog tersebut.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah domain blog. Seperti yang saya jelaskan dalam 3 Tips dalam memilih domain blog, usahakan membuat domain yang berpotensi menjadi brand (di masa yang akan datang). Hindarilah membuat domain berupa kata kunci, maupun nama si pemilik blog. 

Bayangkan juga kalau blog sobat ke depannya akan semakin besar. Kemudian bayangkan blog tersebut mau tidak mau harus merekrut anggota tim demi memperluas dan meningkatkan layanan kepada pembaca. Bayangkan semua itu terjadi kepada blog sobat. Tujuannya agar sobat bisa mempersiapkan semuanya dari awal. 

Sebagai contoh, sobat bisa lihat 2 startup bernama TechCrunch dan TechinAsia. Kedua startup itu awalnya berkonsep blog. Lihatlah domain yang dipakai, lebih menonjolkan 'brand' ketimbang kata kunci atau nama si pemilik blog. Dan sekarang kedua startup tersebut telah memiliki tim kerja yang anggotanya lumayan banyak. Banyak hal dan rencana yang mereka kembangkan untuk masa yang akan datang. Contoh seperti inilah yang saya maksud dengan membangun blog untuk jangka panjang.

Perlu sobat-sobat ketahui, awalnya saya melihat banyak blogger sukses dengan membuat banyak blog micro niche. Saya kemudian tertarik untuk melakukan hal yang sama. Tapi setelah saya teliti dan saya pelajari lagi, blogger-blogger dengan cara tersebut  entah kenapa sebagian blognya sekarang tidak aktif lagi. Apakah karena sudah tidak menghasilkan? Apakah kemudian dijual atau dibiarkan begitu saja? Sayang sekali, bukan.

Saya kemudian mempelajari versi lain blogging ala TechinAsia, TechCrunch dan satu lagi -- FemaleDaily. Ketiga blog atau bisa dibilang startup itu kini menjadi 'brand' yang sangat kuat di 'niche'nya masing-masing. Ketiga-tiganya memiliki komunitas dan pembaca setia. Mereka juga sering mengadakan event-event dan diskusi dengan komunitas masing-masing. Dan tentunya banyak sponsor yang mendanai kegiatan-kegiatan tersebut. 

Sampai sekarang, ketiga startup tersebut bisa terus bertahan dan tentunya semakin berkembang dari waktu ke waktu. Mereka juga memiliki tim dalam mengelola konten, promosi, event-event dan lain sebagainya. Dan mereka benar-benar berhasil membangun blog tersebut menjadi sebuah brand sekaligus startup. 

Hal seperti inilah yang saya maksud dengan 'membangun blog untuk jangka panjang'. Dan ini juga yang akan saya terapkan pada blog saya ini yaitu Onlenpedia.com. Saya akan fokus pada 3 metode berupa Content creations, Community engagement dan Community Insight. Silahkan pelajari ketiga metode tersebut di:

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Dengan Metode Yang Berbeda.

Banyak rencana ke depan yang akan saya bangun untuk blog ini. Saya berharap nantinya blog ini akan semakin berkembang dan bisa memberikan manfaat bagi sobat semuanya. Dan tentunya juga bisa memajukan ekosistem bisnis online di masa yang akan datang. Saya mengharapkan doa dari sobat sekalian di manapun kalian berada.

Terima kasih atas kunjungan sobat-sobat. Salam Sukses!


Ingin menjadi blogger sukses, silahkan pelajari kisah blogger sukses di bawah ini:

Kisah blogger sukses asal Nigeria bernama Linda Ikeji
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang