--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Blog Yang Sukses Adalah Blog Yang Memiliki Tujuan Yang Jelas

cara menjadi blog sukses
pixabay.com

Sobat-sobat blogger sekalian, tulisan kali ini berdasarkan artikel yang saya baca di blognya Asri Tadda -- sang blogger sukses asal Makassar. Beliau memberikan sebuah pencerahan bagi saya pribadi dan tentunya akan saya tuliskan lagi di artikel ini (dengan versi saya). Menurut beliau, blog yang sukses adalah blog yang memiliki tujuan yang jelas. Kalau tujuannya tak jelas (sekedar hobi), jangan harap bisa sukses.

Perlu sobat ketahui, Asri Tadda ini adalah blogger sukses Indonesia dengan penghasilan ratusan juta perbulan. Beliau memiliki ribuan blog yang dikelola oleh timnya yang tergabung di dalam Asta Media Grup.

Baiklah, kembali ke topik utama. Hal yang harus diperhatikan dalam membangun blog adalah perencanaan, konsep, struktur blog, model bisnis yang akan digunakan dan konsistensi dalam membangun blog. Adalah kesalahan besar kalau membangun blog tanpa perencanaan, tanpa riset dan tanpa visi yang jelas.

Membangun blog tidaklah semudah yang dibayangkan. Membangun blog itu sama dengan membangun bisnis lainnya yang ada di dunia nyata. Harus fokus dan benar-benar serius. Harus ada sistem yang jelas, target yang jelas dan model bisnis yang jelas. Kalau semuanya tidak dipikirkan dan direncanakan, mending tidak usah membangun blog. Di sini kita berbicara tentang membangun blog untuk bisnis. Bagi yang ingin membangun blog untuk hobi atau tujuan lainnya -- lebih baik tak usah membaca artikel ini sampai habis.

Perencanaan yang matang, mulai dari riset kata kunci, kemudian penentuan konten serta model bisnis yang nanti akan digunakan -- harus dipersiapkan sebelum membangun blog. Khusus model bisnis, biasanya orang-orang cenderung fokus ke display ads. Padahal masih banyak model bisnis lain, seperti content creations, community insight dan community engagement. Namun penentuan model bisnis ini bebas, tergantung visi masing-masing pemilik blog dalam menjalankan model bisnis yang sesuai dengan keinginan dan insting masing-masing.

Penancapan 'brand' juga penting dalam membangun blog, tujuannya agar blog ini bisa berdiri kokoh untuk waktu yang lama. Sayangnya hanya sedikit blogger yang berfikir untuk membangun 'brand' dari blognya. Padahal dengan membangun 'brand' -- bisa saja blog itu nantinya akan menjelma menjadi startup yang disegani. Di sini saya berkiblat pada Wikihow, TechCrunch dan Tech in Asia. 

Walau begitu, tak ada paksaan untuk membangun tipe blog seperti ini. Karena blog micro niche pun bisa dijadikan untuk bisnis. Intinya tergantung visi dan keinginan masing-masing pemilik blog dalam membangun blog yang sukses mendatangkan uang.

Tulisan di atas merupakan hal-hal teknis yang diperlukan dalam membangun sebuah blog. Jangan lupa, ada juga faktor non teknis yang harus diperhatikan dalam rangka membangun blog yang sukses.

Hal-hal seperti rasa jenuh, putus asa dan kehilangan semangat merupakan faktor non teknis yang sangat mempengaruhi kelangsungan hidup blog. Seorang blogger dituntut memiliki mental kuat layaknya pebisnis lain. Dalam membangun blog, sedikit saja ada keraguan -- lebih baik mundur saja. Seorang blogger profesional, sekali melangkah -- maka tak akan mundur ataupun berjalan belok. Seorang blogger profesional selalu berjalan lurus ke depan mengikuti visi dan insting yang sudah dibentuknya sejak awal. Seorang blogger profesional sudah menanamkan yang namanya KFK. KFK = Komitmen, Fokus, Konsisten.

Ingatlah, bagi sobat yang benar-benar ingin sukses menjadi blogger profesional, janganlah jadi seseorang yang cengeng. Sebanyak apapun rintangan yang menghalangi, sobat harus terus maju demi tujuan yang sobat inginkan. 

Jangan lupa juga untuk memperhatikan hal-hal teknis, demi kematangan dalam membangun sistem blogging. Dan ingat! kita disini blogging untuk berbisnis. Bukan untuk main-main!

Semoga bisa menginspirasi!




Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang