--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Blogger Adalah Bosnya, Blog Adalah Karyawannya

blog
pixabay

Sobat-sobat blogger sekalian di manapun kalian berada. Begitu banyak manfaat dan kelebihan dari kegiatan blogging ini. Setelah sebelumnya saya memaparkan tentang 3 Manfaat dari kegiatan blogging, kali ini saya akan memaparkan tentang fungsi blog sebagai  'karyawan' bagi kita -- dan kita sebagai 'bos' nya. Terlihat sangat keren bukan? Kapan lagi kita bisa jadi bos?

Fungsi blog, selain sebagai karyawan -- bisa juga sebagai brand. Namun yang diulas di sini adalah hanya fungsi blog sebagai karyawan saja.

Perlu sobat-sobat ketahui, seorang blogger (profesional/for money) adalah sama seperti entrepreneur lainnya. Seorang blogger memiliki usaha -- bisa di bidang penjualan barang, penjualan jasa, affiliasi, periklanan PPC atau PPM dan lain sebagainya. Dan tugas dari blog adalah sebagai 'sales' yang memasarkan produk/jasa/iklan yang dipasang si blogger. Semakin banyak blog yang dimiliki, semakin banyak pula karyawan (sales) yang bekerja untuk si blogger.

Kalau dalam istilah dunia kerja adalah 'merekrut' karyawan, maka dalam dunia blogging adalah 'menciptakan' karyawan (blog). Dalam merekrut karyawan, perusahaan-perusahaan pasti mencari yang terbaik yang sesuai dengan bidang keahlian yang sedang dicari. Begitupun dalam menciptakan 'karyawan' (blog). Perlu menentukan tema (niche) yang tepat -- sesuai dengan produk/jasa/iklan yang akan dipasarkan.

Dalam membangun blog (menciptakan 'karyawan') haruslah bertahap. Bangun dulu pondasi blog satu-persatu. Kemudian setelah pondasi blog sudah kuat (template, domain, menu navigasi, jumlah minimal 40 artikel), barulah membangun blog yang selanjutnya. Lakukan dengan cermat, terstruktur dan terencana. Dan jangan lupa untuk selalu meriset kata kunci sebelum membangun blog-blog tersebut.

Setelah ditelaah lebih dalam, ternyata sangat banyak fungsi yang dimiliki oleh blog. Selain sebagai brand dan mesin uang -- ternyata blog juga bisa difungsikan sebagai 'karyawan' bagi kita. Memang, di awal kita harus bekerja keras membangun mereka. Namun ke depannya, merekalah yang bekerja untuk kita. Dan merekalah yang akan menghasilkan pundi-pundi uang untuk kantong kita.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang