--> Skip to main content



Cara Berjualan di Tokopedia

tokopedia

Sobat-sobat netizen, khususnya yang ingin mendalami tentang cara berjualan di Tokopedia -- di sinilah tempatnya. Kali ini saya akan membahas tentang cara berjualan di Tokopedia -- yang mungkin bisa berguna bagi sobat-sobat sekalian.

Sebelumnya perlu sobat-sobat ketahui kalau Tokopedia adalah sebuah website e-commerce yang mempertemukan penjual dengan pembeli. Situs yang didirikan oleh William Tanuwidjaya pada tahun 2009 ini memiliki konsep yang sama dengan website jual-beli dunia bernama Ebay. Keduanya berfungsi sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Tidak seperti Lazada -- yang menjadi penyedia  barang dan tak memberikan ruang untuk kita menjual produk-produk kita.


Balik lagi ke Tokopedia. Website yang satu ini merupakan salah satu website yang memiliki potensi berkembang yang sangat besar. Apalagi setelah mereka mendapatkan suntikan dana dari investor asing sebesar 1,2 trilyun. Dengan  suntikan dana sebesar itu, Tokopedia semakin gencar mempromosikan diri -- baik itu via media cetak, media online maupun melalui televisi. Mereka bahkan menggaet salah satu bintang film di Indonesia sebagai brand ambassador Tokopedia.


Semakin sering Tokopedia berpromosi, semakin besar juga mereka akan menggaet pembeli. Nah, dari situlah peluang besar bagi sobat-sobat untuk berjualan di webste e-commerce asli Indonesia ini. Semakin banyak pembeli yang berbelanja di Tokopedia, semakin besar pula peluang sobat-sobat menghasilkan uang dengan berjualan di website ini.

Baiklah, langsung saja saya jelaskan mengenai cara berjualan di Tokopedia. Bagi yang baru belajar, silahkan disimak baik-baik.

Syarat Berjualan di Tokopedia
1. Memiliki laptop, pc atau gadget apa saja yang bisa terkoneksi ke internet
2. Memiliki rekening di bank lokal
3. Memiliki stok barang yang ingin dijual. Kalau tidak memiliki stok barang -- bisa dengan sistem dropship (Silahkan baca Jualan online tanpa modal)
4. Memiliki Email yang valid.

Langkah-langkah yang dilakukan sebelum berjualan di Tokopedia
1. Kunjungi www.tokopedia.com
2. Mendaftar sebagai penjual dengan pilih 'Buka Toko'
3. Isi data lengkap, metode pengiriman barang, cara pembayaran dan alamat email tentunya
4. Setelah pendaftaran berhasil, akan ada konfirmasi via Email
5. Buka email, cari pesan masuk dari Tokopedia, kemudian pilih dan kunjungi link konfirmasi yang tertulis di pesan tersebut.

Setelah melakukan 5 langkah di atas, maka sobat telah siap untuk menjadi penjual di Tokopedia.

Cara berjualan di Tokopedia
1. Buat etalase. Etalase adalah tampilan toko yang akan sobat kelola
2. Add/tambah Produk
3. Cari jenis/kategori dari barang yang akan sobat jual
4. Kemudian tulis nama barang, spesifikasi barang, foto, berat, dan keterangan penunjang lainnya. Usahakan dalam menulis deskripsi barang agar menggunakan kalimat-kalimat yang SEO friendly -- agar mudah bersaing di mesin pencari
5.. Barang pun sudah terdaftar di etalase toko sobat dan siap untuk dijual.

Untuk promosi dan lain sebagainya, biasanya dilakukan oleh Tokopedia yang setiap harinya memajang barang-barang penjual secara bergantian di halaman depan. 

Tips dari saya, jual lah barang dengan harga paling murah dari pesaing sobat -- karena barang yang laku adalah yang paling murah. 

Semoga bermanfaat!
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang