--> Skip to main content





  Cari artikel seputar metaverse

  

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Dengan Metode Yang Berbeda

cara berbeda mendapatkan uang dari blog

Sobat-sobat netizen, mungkin dilihat dari judul tulisan ini -- sobat-sobat sudah sering membacanya di Google. Karena memang banyak blog yang membahas tentang hal seperti ini.

Tapi kali ini akan sedikit berbeda dengan apa yang dibahas di blog lainnya. Kali ini Onlenpedia.com akan mengulas cara mendapatkan uang dari blog, dengan metode yang sedikit berbeda. Penasaran?

Sebelumnya di blog-blog lain sudah membahas tentang cara mendapatkan uang dari blog, antara lain:

1. Memasang iklan PPC (Pay Per Click), misalnya Adsense, Infolinks, Chitika, Media.net, Kl*ksaya, Adstars, Adplus, Innity dan lain sebagainya

2. Memasang iklan PPM (Pay Per Mile), semisal Popads, Popcash, Yllix dan lain sebagainya

3. Menjual barang dan jasa di blog

4. Affiliasi dan CPA (Cost Per Action)

5. Memasang iklan mandiri.


Kelima cara di atas memang yang paling banyak digunakan oleh teman-teman blogger sekalian. Dan menurut saya, cara di atas sudah biasa digunakan dan polanya pun sama, yaitu bergantung pada traffic.

Lalu bagaimana cara menghasilkan uang dari blog yang akan saya bahas di sini?


Setelah mempelajari 2 web yang sangat luar-biasa, pikiran saya jadi terbuka akan sesuatu hal. Bahwasanya monetisasi blog dapat dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda. Namun cara ini harus sudah dipersiapkan sebelum blog dibangun. Karena cara seperti ini sifatnya untuk jangka panjang.

Dan 2 web yang saya maksud adalah Tech in Asia dan Female Daily. 2 web ini awalnya berkonsep blog, namun kini menjelma menjadi semacam startup yang branded.

Bagaimana cara mereka memonetisasi web mereka?

Jawabannya adalah dengan Membangun komunitas tertarget sesuai niche tertentu, serta menjadikan web sebagai brand yang dikenal. 

Namun, semua itu sifatnya jangka panjang, dan domain blog haruslah bersifat 'brand', bukan kata kunci (www.caramembuatlumpia.com) dan bukan pula nama si blogger (www.hajisulam.com).

Baiklah, langsung saja saya jelaskan tentang cara monetisasi 2 web di atas -- yang dikelompokkan dalam 3 metode, antara lain:

1. Content  Creation
Content Creation merupakan metode promosi dalam bentuk 'penyisipan' kata-kata promosi di dalam suatu konten. Cara ini cenderung bertujuan untuk memfasilitasi brand atau produk dengan metode yang berbeda dari cara konvensional (PPC, PPM, dll). 
Metode yang digunakan bisa dengan sponsored post, newsletter dan content marketing -- di mana kata-kata promosi akan di'sisipkan' secara halus dan tak tampak seperti promosi. 
Cara ini biasanya menggunakan kalimat-kalimat sugestif yang membuat pembaca menjadi tertarik untuk mengetahui lebih dalam tentang produk yang dibahas.
Menurut saya, cara promosi seperti ini lebih disukai para pengiklan (premium advertiser). Karena target konsumen akan tersugesti melalui tulisan yang disampaikan secara halus, namun pengaruhnya sangat kuat. 
Ini lebih baik ketimbang iklan yang disampaikan dalam bentuk gambar, popup, redirect dsb yang sudah pasti mengganggu kenyamanan pembaca.
Intinya adalah, 'kekuatan kata-kata' merupakan senjata terbaik untuk promosi. Jangan lupa, pemilihan judul juga mempengaruhi agar pembaca tertarik untuk membaca isi konten tersebut.

2. Community Engagement
Untuk metode kedua ini mengharuskan blog sudah memiliki komunitas, pembaca setia dan menganggap blog tersebut adalah 'brand' terpercaya dari bidang yang disukai pembaca. Kita contohkan di sini adalah Female Daily.
Web Female Daily menjadi semacam 'brand' di mata pembaca khusus wanita. Mereka selalu menyajikan informasi yang terpercaya dan terlengkap seputar wanita. Alhasil, mereka pun berhasil membentuk komunitas yang nantinya akan dilirik oleh produk-produk yang berhubungan dengan wanita.
Komunitas ini sering mengadakan event-event online maupun offline -- yang tentunya didanai oleh pihak sponsor yang berhubungan dengan produk-produk wanita. Dengan adanya event-event tersebut, para pengiklan bisa menyampaikan pesan-pesan promosi dalam bentuk spanduk berisi slogan produk mereka. Dan tentunya promosi ini akan sangat terarah kepada komunitas yang berhubungan dengan produk tersebut. Tinggal menunggu waktu saja -- produk pengiklan akan dibeli oleh konsumen.

3. Community Insight
Metode yang ketiga ini hampir-hampir mirip dengan metode kedua, yaitu dengan memberdayakan komunitas yang telah terbentuk melalui media online. 
Tapi ada sedikit perbedaan, yaitu para pengiklan cenderung memberdayakan komunitas yang terbentuk lebih kepada riset dan survey (comsumer survey). Pemilik brand dan produk mencari tahu selera dari konsumen(komunitas), serta kekurangan dan kelebihan dari produk kompetitor yang hanya diketahui oleh konsumen.
Terkadang untuk kebutuhan marketing, beberapa anggota komunitas diajak untuk berdiskusi -- baik secara online maupun offline.  Dari sana bisa diketahui bagaimana keinginan konsumen, sekalian juga bisa disisipkan sedikit branding produk yang dimiliki oleh sponsor.

Melihat ketiga cara di atas, sepertinya traffic tidak dijadikan fokus utama. Jadi metode-metode di atas tdak terlalu memfokuskan ke SEO. Mereka lebih fokus untuk menjaring komunitas yang sesuai dengan niche mereka. 

Cara menjaring komunitas tersebut adalah dengan menghadirkan konten-konten yang berkualitas, dan tentunya memerlukan proses yang lebih lama daripada metode konvensional.

Sekian dulu ulasan dan bahasan tentang 'cara mendapatkan uang dari blog dengan metode yang berbeda'. Semoga bisa memberikan manfaat dan inspirasi bagi sobat-sobat semuanya.

Salam sukses!
Baca Juga
> Jual database supplier (online dan offline), ada yg bisa resi cashless

Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp91.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp209.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp6.399.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG
Author Image

Ajie Fabregas (author)
a human who's "fed up" with the world, and wants to live in the metaverse. Follow my social media:



Comment Policy: Berkomentarlah dengan bijak dan sesuai topik.
Buka Komentar
Tutup Komentar