--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Gado-Gado

blog gado-gado
ilustrasi dari pixabay.com

Sobat-sobat netizen, apa kalian tau apa itu blog gado-gado? Bagi yang belum tau akan saya jelaskan. Blog gado-gado adalah blog yang memiliki topik yang beragam dan bercampur-campur (sesuai dengan namanya: gado-gado)

Pada dasarnya blog gado-gado ini tidak fokus ke satu topik. Alhasil, sangat sulit memonetisasi blog jenis ini (kata sebagian orang). Tapi menurut saya, tidak terlalu sulit untuk memonetisasi blog berniche gado-gado. Justru blog jenis ini memiliki kelebihan dibandingkan blog niche atau micro niche.

Baiklah, yang dibahas di sini bukanlah tentang kelebihan dari blog gado-gado. Yang dibahas di artikel ini adalah tentang cara mendapatkan uang dari blog gado-gado. Silahkan disimak baik-baik.


1. Ikuti Trend
Karena topik yang bercampur-campur dan tidak fokus, si pemilik blog bebas dalam menentukan artikel yang akan di tulisnya. Karena sifatnya yang gado-gado, jadi tak masalah kalau misalnya ada topik politik, topik olahraga, topik bisnis dan lain sebagainya dalam satu blog. Dan di sini si pemilik blog bisa memilih tema-tema yang sedang ngetrend dan populer.
Disinilah letak keunggulan blog gado-gado ketimbang blog niche. Ketika trend sedang mengarah ke tema pariwisata (misalnya) -- maka si pemilik blog gado-gado bisa saja menulis artikel tentang pariwisata. Sedangkan blog niche tak bisa 'keluar jalur' dari niche yang di bahas (sejak awal). Misalkan nichenya adalah politik, maka terlihat aneh kalau tiba-tiba ada artikel tentang pariwisata dalam blog politik.
Jadi hal pertama yang dilakukan pemilik blog gado-gado adalah -- memilih tema yang sedang populer saat ini. Kemudian tulislah beberapa artikel yang khusus membahas tema tersebut.


2. Pasang iklan PPC
Setelah tema yang populer sudah ditentukan -- dan jumlah artikel sudah lumayan jumlahnya -- langkah selanjutnya adalah monetisasi. Monetisasi bisa dilakukan dengan memasang iklan PPC, misalnya adsense. Karena topik yang dibahas sedang populer, maka peluang untuk iklan dikunjungi pengunjung sangatlah besar.

3. Pasang iklan affiliasi
Monetisasi jangan berhenti di PPC saja. Maksimalkan penghasilan dari blog, mumpung topik yang dibahas sedang ngetrend.
Monetisasi kedua yang saya sarankan adalah -- dengan memasang iklan affiliasi sesuai tema yang  ngetrend tadi.
Karena temanya sedang ngetrend, peluang terjadinya konversi pun pasti juga besar. Dan ini akan menjadi double money (PPC dan Affiliasi) bagi si pemilik blog.

Nah, cara diatas merupakan trik khusus untuk mendapatkan uang dari blog gado-gado. Jadi, bagi sobat yang sudah terlanjur memiliki blog bertipe seperti ini -- janganlah ragu untuk memonetisasi. Karena tipe blog seperti ini sebenarnya memiliki kelebihan daripada blog niche. Dan kelebihan tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengeruk uang sebanyak-banyaknya.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang