--> Skip to main content



Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Blogging

cara mengatasi kejenuhan dalam blogging

Sobat-sobat blogger sekalian, pernahkah kalian merasa jenuh dalam melakukan kegiatan blogging? Pastinya pernah, bukan? Saya pun demikian, hehehe..

Sobat-sobat netizen, pada dasarnya sifat jenuh itu manusiawi. Siapapun pasti pernah merasakan jenuh. Namun takaran jenuh tiap-tiap orang berbeda-beda. Ada yang lebih banyak jenuhnya ketimbang bersemangatnya. Ada juga yang sedikit jenuhnya dan lebih banyak semangatnya. Ada juga yang terus-terusan jenuh dan tak memiliki semangat sama sekali.. 
Nah lo?!. (Biasanya tipe terakhir ini tipe yang tak berani mencoba lantaran takut gagal).

Meskipun rasa jenuh tak bisa dihilangkan sama sekali, tapi paling tidak kita bisa mengurangi dan meminimalisir yang namanya kejenuhan. 

Langsung saja, berikut ini cara mengatasi kejenuhan dalam blogging yang telah saya rangkum dari berbagai sumber. Silahkan disimak baik-baik.

1. Tentukan dulu topik kesukaan sobat
Sebelum blogging, tentukan dulu topik kesukaan sobat dan juga spesialisasi sobat. Jangan ikut-ikutan topik orang, takutnya nanti berhenti di tengah jalan -- lantaran topik yang dibahas tidak disukai.

2. Targetkan jumlah artikel dalam sehari jangan terlalu banyak agar tidak terbebani
Jangan terlalu membebani diri dengan target yang muluk. Usahakan target maksimal cukup 5 artikel perhari. Jadi lebih enteng dalam melakukan kegiatan blogging. Daripada harus menargetkan 100 artikel perhari. Huufts..

3. Nikmatilah kegiatan blogging layaknya Hobi
Nikmatilah kegiatan blogging sobat layaknya sedang melakukan kegiatan yang menyenangkan. Caranya adalah dengan mengikuti poin pertama, yaitu memilih topik yang disukai. Dengan begitu kegiatan blogging akan terasa menyenangkan.

4. Sering-sering membaca kisah blogger sukses
Cara ini termasuk yang paling ampuh mengatasi kejenuhan (menurut saya). Sering-seringlah membaca kisah sukses para mastah blogger, niscaya akan memotivasi sobat untuk terus konsisten dalam blogging.

5. Tanamkan prinsip memberikan value ketimbang mengejar revenue
Langkah terakhir ini merupakan langkah yang ditujukan kepada blogger yang fokus untuk blogging for money. Biasanya blogger tipe ini jenuh gara-gara penghasilannya dari blogging tak sesuai harapan.
Untuk tetap bersemangat, tanamkanlah prinsip kalau kegiatan blogging itu dapat memberikan value (manfaat) bagi orang lain. Janganlah semata-mata mengejar revenue (keuntungan) -- karena kalau tak sesuai harapan -- pasti bakalan jenuh dan drop.

Penting untuk mengamalkan kelima hal di atas, agar sobat bisa mengatasi yang namanya kejenuhan.

Sekian dulu tips singkat dari saya mengenai cara mengatasi kejenuhan dalam kegiatan blogging. Semoga bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang