--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Cara Menjadi Pebisnis Online Bagi Pemula


panduan pebisnis online pemula
pixabay.com

Sobat-sobat netizen, materi kali ini (masih) ditujukan untuk para pemula yang benar-benar baru di ranah online. 

Bagi sobat-sobat yang masih baru di dunia bisnis online, tentunya banyak sekali pertanyaan yang muncul di benak sobat. Apa yang harus dilakukan pertama kali dalam bisnis online? Berapa penghasilan pebisnis online? Apa saja hambatan menjadi pebisnis online? Semua pertanyaan tersebut akan selalu menghantui pikiran sobat-sobat sekalian.

Bagi yang benar-benar ingin memulai bisnis online, tapi terkendala pengetahuan yang minim -- ada baiknya 'main aman' saja dulu. 'Main aman' yang dimaksud adalah, dengan melakukan bisnis online paling simpel, yaitu jualan online.


Apakah sobat juga tidak bisa membuat blog (untuk memajang produk)? 

Gampang! Manfaatkan media sosial untuk memulai bisnis online (jualan online).

Apakah sobat tidak memiliki akun di media sosial?

Gampang! Jalankan di media chatting (BBM, Line, WhatsApp)

Apakah sobat tidak punya stok barang?

Gampang! Sobat tinggal menjalankan sistem dropship


Apabila sobat benar-benar ingin memulai yang namanya bisnis online, maka segalanya yang SUSAH dibikin MUDAH. Segala yang RIBET dibikin GAMPANG. Jangan terlalu banyak mengeluh, mulailah untuk action!

Baiklah sesuai dengan judul artikel ini yaitu, cara menjadi pebisnis online pemula -- maka yang dibahas di sini adalah bisnis online paling simpel (jualan online). Berikut ini detailnya tentang jualan online bagi pemula (barang yang dijual bisa produk sendiri ataupun produk orang lain).

1. Jualan Online di Media sosial (FB, Twitter, Instagram)
Untuk berjualan di media sosial, anda harus memiliki banyak teman (untuk Facebook), dan banyak follower (untuk instagram dan twitter).

Untuk media sosial yang lain (twitter dan instagram), kurang lebihnya bisa meniru cara berjualan di Facebook. Tapi tanpa menggunakan fanpage, karena baik twitter maupun instagram tak memiliki yang namanya fanpage. Namun untuk instagram, sobat bisa memaksimalkan foto-foto yang 'mengundang' para follower untuk membeli produk sobat.

2. Jualan Online di Media chatting (BBM, LINE)
Untuk cara kedua ini, juga harus menambah teman sebanyak-banyaknya. Kemudian buat grup khusus yang menjual produk sobat. 
Karena kapasitas member grup yang sedikit, sobat-sobat bisa membuat beberapa grup lagi dengan isi yang sama. Tujuannya agar bisa mengundang teman-teman lain yang tak bisa diundang di grup yang pertama. Semakin banyak grup, semakin besar peluang terjualnya produk sobat.

Sekian dulu materi yang simpel ini saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya.

Mari Go Action!

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang