--> Skip to main content



Era Mobile Marketing, Pengguna Smartphone Lebih Banyak Daripada Pengguna PC

pixabay

Semakin hari, semakin banyak saja pengguna smartphone di dunia ini. Orang-orang lebih banyak mengakses internet melalui smartphone ketimbang melalui PC. Hal ini tentunya mempengaruhi kepada para pemilik website yang kemudian memodifikasi tampilan website mereka agar lebih responsif terhadap tampilan mobile.

Era mobile marketing juga ditandai dengan bermunculannya aplikasi-aplikasi mobile -- baik itu untuk iOS maupun Android. Website-website bisnis seperti Amazon, Ebay, Tokopedia, Traveloka dan yang lainnya -- selain membuat tampilan website mereka menjadi mobile friendly -- mereka juga meluncurkan web bisnis mereka dalam bentuk aplikasi. Semua aplikasi itu bisa ditemukan di Google Play maupun Apple Store.


Selain bermunculannya aplikasi-aplikasi website bisnis, akhir-akhir ini banyak pula bermunculan game-game iOS maupun Android yang bisa sobat download di Google Play dan Apple Store. 

Kenapa jadi banyak aplikasi dan game mobile yang bermunculan? Jawabannya adalah ya itu tadi -- banyaknya orang yang mengakses internet dari smartphone ketimbang dari PC. Hal ini menjadi pangsa pasar tersendiri bagi developer aplikasi dan game. Mereka bisa menciptakan 'traffic mobile' mereka sendiri dalam bentuk aplikasi dan game buatan mereka. Semakin banyak orang yang mendownload dan menggunakan aplikasi/game buatan mereka -- semakin besar pula peluang mereka untuk mengeruk keuntungan finansial dari traffic aplikasi/game buatan mereka itu.

Sebelumnya perlu sobat-sobat ketahui, persaingan 'traffic mobile' sangatlah ketat. Para pemain besar seperti google dan facebook tak bisa dominan seperti 'traffic desktop'. Untuk 'traffic mobile' ini persaingan sangat ketat antara mobile web, aplikasi, media chatting, game, dan pemain besar seperti google dan facebook. Bahkan untuk saat ini 'traffic mobile' seperti didominasi oleh game-game seperti COC, Let's Get Rich, Angry Bird, Candy Crush dan lain sebagainya. Makanya tidak heran kalau di game-game tersebut sering kita melihat kemunculan banner iklan maupun iklan pop-up yang kelihatan sedikit mengganggu. Itu semua adalah sumber penghasilan dari sang developer game-game tersebut. Bisa saja iklan itu adalah iklan CPA yang mereka jalankan, atau mungkin juga itu adalah slot iklan yang mereka jual kepada CPA marketer yang tidak memiliki traffic sendiri.

Perlu sobat-sobat ketahui, besarnya 'traffic mobile' bahkan mengalahkan jumlah orang yang menonton TV. Karena smartphone tiap orang pasti mereka bawa ke mana-mana -- kapan saja bisa mereka gunakan -- baik itu untuk chatting, googling, bermain game, membeli barang secara online dan lain sebagainya.

Sungguh peluang bisnis yang sangat besar apabila sobat-sobat bisa memanfaatkan potensi dari 'traffic mobile' ini.

Terima kasih atas kunjungan sobat-sobat, dan Salam sukses!

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang