--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Kelebihan dan Kekurangan Dalam Berjualan di Tokopedia

kelebihan tokopedia

Sobat-sobat sekalian, setelah sebelumnya saya mengulas tentang Cara berjualan di Tokopedia -- kali ini saya akan menulis tentang kelebihan dan kekurangan dalam berjualan di Tokopedia. 

Kita tahu sendiri kalau Tokopedia merupakan salah satu website ecommerce terbesar di Indonesia. Mereka berani beriklan di berbagai media seperti media cetak, media online dan media televisi -- karena mereka ingin menjaring pembeli sebanyak-banyaknya. Disitulah letak keuntungan bagi penjual yang 'punya toko' di Tokopedia, karena pembeli datang sendiri tanpa harus mereka cari. Dan masih banyak lagi kelebihan lainnya dalam berjualan di Tokopedia.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dalam berjualan di Tokopedia. Silahkan disimak baik-baik.

Kelebihan dari Tokopedia

1. Gratis
Sobat-sobat netizen, berjualan di Tokopedia selain praktis -- di sini juga gratis. Bayangkan kalau sobat berjualan/buka kios di dunia nyata -- berapa biaya sewa  yang harus sobat bayar setiap bulannya.
Dari mana sumber pendapatan Tokopedia? Jawabannya adalah dengan menyediakan sistem member Gold. Sistem ini memiliki banyak kelebihan bagi penjual yang menggunakannya. Dan untuk mendaftar sebagai member gold akan dikenakan biaya oleh Tokopedia. 

2. Mudah terindeks mesin pencari
Promosi yang gencar, serta tim pengelola website yang handal -- membuat produk-produk yang dijual di Tokopedia lebih mudah berada di jajaran atas mesin pencari.
Apalagi kalau didukung dengan tulisan deskripsi barang yang sobat tulis dengan teknik SEO. Pastinya akan lebih banyak pembeli yang melihat barang-barang yang sobat jual di Tokopedia.

3. Lebih aman karena adanya sistem rekening bersama
Kebanyakan pembeli ragu dalam membeli barang secara online. Namun dengan adanya sistem rekening bersama di Tokopedia -- para pembeli merasa lebih aman.
Perlu sobat ketahui, kalau rekening bersama adalah rekening gratis yang dikelola oleh Tokopedia. Rekening ini memungkinkan untuk keamanan dana -- karena dana dari pembeli tak langsung masuk ke rekening penjual. Dana pembeli akan disimpan dengan aman di rekening bersama milik Tokopedia. Setelah pembeli mengkonfirmasi kalau barang sudah datang di tempat mereka -- barulah Tokopedia akan mengirimkan dana pembeli dari rekening bersama menuju ke rekening penjual.

Meskipun Tokopedia merupakan salah satu Situs jual-beli terpercaya di Indonesia dan merupakan salah satu website ecommerce terbesar di Indonesia -- Tokopedia juga tak luput dari beberapa kekurangan.

Kekurangan

1. Persaingan yang sangat ketat
Karena kelebihannya yang gratis dan memiliki nama besar, hal itu membuat penjual semakin banyak di Tokopedia. Semakin banyak penjual, tentunya persaingan pun menjadi semakin ketat. Ada banyak barang sejenis yang dijual -- dan tentunya harganya sangat murah. Sobat harus siap bersaing dengan harga yang lebih murah lagi -- yang tentunya akan memangkas margin keuntungan.

2. Terkadang pembeli lalai dalam mengkonfirmasi penerimaan barang
Ini merupakan hal yang paling sering dikeluhkan para penjual, manakala pembeli lalai dan tak kunjung mengkonfirmasi kalau barang sudah sampai di tempat mereka. Alhasil, dana pun masih tersimpan di rekening bersama. 
Hal ini tentunya akan menyusahkan bagi para penjual yang modalnya masih minim. Kalau dana tidak dikirim ke rekening mereka, maka akan sulit bagi mereka untuk memutar modal.

3. Memerlukan banyak barang agar dipandang bagus oleh pembeli
Tahukah sobat, kalau banyak sekali penjual yang berjualan di Tokopedia? Hal ini tentunya membuat pembeli akan sangat selektif dalam memilih penjual.
Selain faktor harga, pembeli juga melihat banyaknya stok dan variasi barang yang dipajang di etalase milik penjual. Pembeli cenderung memilih 'toko besar' yang memiliki banyak variasi barang yang dijual  -- ketimbang toko yang menjual sedikit barang. Dan itu tentunya akan menyulitkan bagi sobat-sobat yang belum bisa memajang banyak barang.

Baca juga:

Situs penyedia reseller dropship terpercaya di Indonesia dan mancanegara


Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan dalam berjualan di Tokopedia ini saya tulis. Semoga bisa memberikan inspirasi bagi sobat-sobat semuanya.

Terima kasih atas kunjungan sobat-sobat -- dan Salam Sukses!


Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang