--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Kenapa Harus Berjualan Secara Online?

alasan berjualan secara online

Kenapa harus berjualan secara online?

Alasannya banyak sekali.
Banyak hal yang membuat penjual online semakin hari semakin bertambah. Selain para penjual offline yang melebarkan sayap ke ranah online -- ada juga penjual baru yang memang mengawali bisnisnya di dunia online. Silahkan baca juga:

Trend 2015: Pemilik produk banyak yang membuat toko online.

Lalu kenapa harus berjualan secara online?

Pertanyaan di atas bisa juga diartikan dengan 'apa kelebihan dari berjualan secara online?' Jadi, langsung saja saya paparkan kelebihan dari berjualan secara online. Silahkan disimak baik-baik.

1. Lebih simpel dan praktis
Sudah tak diragukan lagi, kalau berjualan secara online itu jauh lebih simpel dan praktis ketimbang berjualan secara offline. Tak perlu susah payah berbicara dan berdiri tegak dihadapan pembeli. Cukup duduk manis di depan laptop, atau sambil berbaring dengan gadget di tangan -- maka transaksi jual-beli bisa dilakukan kapan saja, di mana saja.

2. Pangsa pasar lebih luas
Sudah barang tentu, internet bisa menjangkau seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Inilah kelebihan yang tak dimiliki oleh para penjual offline. Mereka hanya terpaku dengan pangsa pasar yang ada di daerah saja. Sementara mereka tidak melihat potensi besar seandainya dagangan mereka dipasarkan secara online.


3. Tidak harus memiliki stok barang
Dalam dunia online, seorang penjual tak harus memiliki stok barang. Banyak yang berjualan dengan sistem dropship dan affiliasi. lantaran alasan ini.
Bandingkan jika seorang penjual offline yang berjualan tanpa stok barang. Pembeli pasti bingung melihat kios si penjual yang kosong-melompong.

4. Tak perlu menyewa kios
Kalau penjual di dunia nyata -- banyak yang merogoh kocek dengan menyewa toko. Beda dengan penjual online yang tak perlu susah-susah menyewa toko. Berjualan online dengan membuka lapak di Tokopedia, Bukalapak maupun Ebay dijamin gratiss.. 
Selain 'ikut' berjualan di 3 situs di atas, penjual online juga bisa berjualan dengan blog milik sendiri yang tentunya juga gratiss...!

5. Tak perlu takut cuaca buruk 
Takut dengan cuaca buruk? Misalnya hujan?
Bagi para penjual offline, kalau cuaca sedang hujan, maka kemungkinan barang laku akan sedikit. Kenapa demikian? Jawabannya adalah karena pembeli malas mendatangi toko kalau harinya sedang hujan.
Bandingkan dengan toko online. Kalau cuaca hujan, pembeli tetap datang membeli. Mereka cukup membeli melalui laptop, tablet atau smartphone mereka tanpa harus susah payah kehujanan mendatangi si penjual.


Sekian dulu alasan 'kenapa harus berjualan secara online' ini saya tulis. Semoga ulasan yang singkat ini bisa menambah semangat teman-teman dalam berjualan online. 

Salam sukses!

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang