Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Kesulitan-Kesulitan Dalam Berjualan di Ebay

pixabay.com

Sobat-sobat netizen — khususnya para seller Ebay di manapun kalian berada. Dalam berjualan di Ebay, pasti banyak sekali kesulitan-kesulitan yang dihadapi. Mungkin sobat-sobat yang sudah lama berwara-wiri di Ebay tidak perlu membaca postingan ini. Tapi bagi sobat yang masih baru di Ebay, ada baiknya agar membaca artikel ini sampai habis.

Baca juga: Panduan berjualan di Ebay bagi pemula

Baiklah, langsung saja saya paparkan mengenai kesulitan-kesulitan dalam berjualan di Ebay. Penting untuk mengetahui hal-hal seperti ini agar sobat tidak terkejut tatkala baru memulai berjualan di Ebay. Silahkan disimak baik-baik.

1. Bahasa
Sudah tak dapat dipungkiri kalau faktor bahasa merupakan salah satu faktor yang menyulitkan kita dalam berjualan di Ebay. Karena situs Ebay merupakan situs  jual-beli dunia yang notabene menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa webnya. Selain itu, para calon pembeli juga tersebar di berbagai belahan dunia. Jadinya segalanya menggunakan bahasa Inggris.

2. Listing Barang Yang Ribet
Kesulitan kedua dalam berjualan di Ebay adalah, cara melisting barang yang sedikit ribet. Tahapan dalam melisting barang sangat banyak. Jadi sobat harus mempersiapkan data lengkap dari barang yang akan dilisting. Baik itu foto, spesifikasi, berat barang, cara mengirim, biaya kirim, aturan pengembalian barang dan lain sebagainya.

3. Banyaknya Fee (Biaya)
Kesulitan ketiga dalam berjualan di Ebay adalah banyaknya fee yang kadang tak terduga. Hal ini tentunya membuat penjual yang benar-benar pemula akan terkejut dengan adanya  listing (hanya item tertentu), biaya barang terjual, biaya Paypal dan lain sebagainya yang tentunya akan menguras saldo Paypal sobat.
4. Persaingan Harga
Karena banyaknya penjual yang ada di Ebay, otomatis persaingan pun semakin berat. Bahkan banyak seller baru yang berani ‘membanting harga’ guna mendapatkan feedback positif. Bagi sobat-sobat yang ingin memenangkan persaingan, maka sobat juga harus rela ‘membanting harga’. Alhasil, keuntungan pun menjadi sedikit.
5. Regulasi Untuk Seller Pemula
Poin ke 5 ini merupakan kesulitan berjualan di Ebay yang paling tak saya sukai. Apalagi waktu itu sistem penjualan saya adalah dropship. Dan regulasi untuk seller pemula ini adalah, dana dari pembeli yang ditahan oleh Paypal selama 21 hari (tak bisa digunakan untuk apapun). Alhasil, kita harus menyiapkan modal untuk memesan barang di vendor (khusus bagi dropshipper).
6. Hati-Hati Dengan Brand Produk
Kesulitan terakhir dalam berjualan di Ebay adalah — hati-hati dengan brand produk. Pengalaman saya pernah mendapat teguran keras dari Ebay gara-gara melisting barang ‘KW’ dari China. Barang yang saya listing adalah stick PS 3 yang tak ada merknya. Alhasil, saya diminta untuk mencopot barang tersebut karena pihak Ebay mendapat protes keras dari perusahaan Sony yang notabene adalah pemilik brand yang sah untuk semua produk dari PS 3. Beruntung waktu itu saya tidak dikenakan penalti (biaya). Kemungkinan biaya akan dikenakan kalau kesalahan yang sama terulang lagi.
Keenam kesulitan di atas merupakan pengalaman yang pernah saya alami selama berjualan di Ebay. Bagi sobat-sobat yang memiliki pengalaman lain, bisa sobat tuliskan di kolom komentar.
Sekian dulu tulisan dari saya tentang kesulitan dalam berjualan di Ebay. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat semuanya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here