--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Matahari Mall, Calon Pesaing Berat Lazada

matahari mall

Sobat-sobat netizen, kali ini saya mau membahas tentang salah satu ecommerce baru yang berpotensi menjadi raksasa ecommerce di Indonesia. Ya, nama situs ini adalah MatahariMall.com, orang-orang menjulukinya sebagai Alibaba nya Indonesia. Dan mereka diprediksi akan menjadi pesaing berat bagi Lazada. Mungkinkah sehebat itu?

Perlu sobat-sobat ketahui, Matahari Mall merupakan startup ecommerce yang menurut saya 'ketinggalan start' dari yang lainnya. Padahal dari segi toko fisik, Matahari merupakan 'pemain lawas' yang sudah memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia. Siapa yang tidak tahu dengan matahari? Apabila pas musim lebaran pasti diskonnya gila-gilaan. :D

Meskipun terbilang 'ketinggalan start' dari situs sejenis (Lazada dan Bhinneka), kemunculan Matahari Mall lumayan fenomenal. Sebelum mereka launching, mereka mendapat suntikan dana yang sangat mencengangkan. Suntikan dana tersebut adalah sebesar 6,5 trilyun rupiah. Wow! (Perlu sobat-sobat ketahui, suntikan dana tersebut berasal dari Lippo Group).


Apa yang menjadi kelebihan dari Matahari Mall dari situs lain yang sejenis?

Kehadiran Matahari Mall di ranah ecommerce Indonesia merupakan salah satu fenomena baru. Kenapa jadi disebut fenomena baru? Jawabannya karena Matahari Mall menggunakan konsep baru bernama O2O (Online to Offline dan Offline to Online). 

Konsep ini merupakan perpaduan antara jualan secara online dengan jualan secara offline. Mengingat reputasi Matahari yang memiliki banyak toko offline yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Jadinya mereka memadukan kelebihan tersebut dalam konsep Matahari Mall yang tak dimiliki situs sejenis (Lazada dan Bhinneka).


Apa yang bisa ditawarkan dari sistem O2O?

Sistem baru yang dibuat oleh Matahari Mall ini memungkinkan pembeli bisa memesan barang secara online, kemudian bisa langsung mengambilnya di gerai Matahari yang ada di kota asal si pembeli. Sistem ini juga memberikan kemudahan bagi pembeli yang ingin mengembalikan atau menukar barang yang sudah dibeli. Apabila pembeli merasa ada barang yang cacat atau tak sesuai dengan pesanan -- maka pembeli bisa menukarkan langsung di gerai Matahari yang ada di kota asal si pembeli. Intinya konsep seperti ini baru pertama kali di Indonesia dan bahkan Asia Tenggara. Maka dari itu, pihak Matahari Mall berani mengklaim kalau mereka bakalan menjadi situs ecommerce nomor 1 di Indonesia.

Mungkinkah itu terjadi? 
Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Sekian dulu ulasan dari saya tentang Matahari Mall. Bagi sobat-sobat yang ingin tahu lebih lanjut, silahkan kunjungi websitenya di www.mataharimall.com

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang