--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Membangun Blog Itu Tidaklah Mudah

membangun blog tidaklah mudah

Sobat-sobat netizen, pembahasan kali ini (lagi-lagi) tak jauh dengan dunia blogging. Yang dibahas kali ini adalah tentang unek-unek pribadi -- bahwasanya membangun blog itu ternyata tidaklah mudah.

Pada awal-awal blogging, saya sering membaca kisah blogger sukses. Betapa besarnya penghasilan mereka. Ada yang ratusan dollar perbulan, ribuan dollar -- bahkan ada pula yang lebih banyak lagi. Semua itu memacu saya untuk ikut terjun ke dunia blog dan memutuskan untuk menjadi seorang fulltime blogger.

Karena termotivasi oleh 'hasil' yang mereka dapatkan, sehingga saya pun tidak tahu terlalu dalam tentang 'proses' yang mereka jalani. Awalnya saya mengira kalau menghasilkan uang yang banyak dari blog itu sangat mudah dan praktis. Kenyataannya, kalau ingin menghasilkan uang dari blog harus melalui proses berat yang mau tak mau harus dilalui. Dan proses yang paling berat adalah proses membangun blog, sampai memiliki banyak traffic dan pembaca setia. Disitulah letak kesulitan sekaligus tantangan yang harus dilalui oleh seorang blogger.

Ada 2 tipe blogger yang saya tahu. Tipe pertama adalah tipe blogger yang fokus ke banyak blog (micro niche). Tipe kedua adalah tipe blogger yang fokus ke satu blog saja. Sedangkan saya berada di tengah-tengahnya, yaitu memiliki lebih dari satu blog -- tapi tidak terlalu banyak. Saat ini saya mengelola 3 buah blog. Onlenpedia.com, Enjoy2trip.com dan 7mh-rcti.blogspot.com.

Saya tidak sanggup mengelola banyak blog, dan saya juga merasa terlalu sedikit kalau hanya mengelola satu blog. Alhasil 3 blog lah yang akhirnya saya kelola sampai sekarang. Namun ketiga blog tersebut memiliki prioritas yang berbeda-beda. Prioritas pertama blog ini dengan update 3-8 artikel perhari. Kemudian yang kedua adalah blog Enjoy2trip.com yang update 1 artikel per 3 hari. Dan terakhir blog 7mh-rcti.blogspot.com yang update 1 artikel perminggu.

Balik lagi ke topik utama, tentang sulitnya membangun blog. Setelah saya alami dengan terjun langsung, saya baru bisa mengerti kalau blogging itu sama halnya dengan melakukan kegiatan di dunia nyata. Semuanya butuh proses dan kerja keras yang tinggi. Selain itu, diperlukan juga fokus dan konsistensi yang tinggi dalam mengelola dan membangun blog.

Dari cerita singkat ini, saya memberikan masukan bagi sobat-sobat yang ingin membangun blog. Bahwasanya membangun blog itu harus realistis. Realistis yang dimaksud adalah, siap bekerja keras, siap konsisten, siap gagal dan siap bangkit. Kesemua proses pasti akan dilalui para blogger yang memang ingin serius di dunia blogging. Dan akan ada fase 'menyakitkan' -- di mana para blogger akan mengalami yang namanya jenuh, putus asa dan ingin berhenti di tengah jalan. Dan semuanya harus siap sobat terima.

Saya rasa hanya itu aja unek-unek yang bisa saya sampaikan. Semoga sobat-sobat blogger yang lain siap mengalami hal-hal yang saya sebutkan di atas.

Terima kasih atas kunjungan sobat-sobat. Semoga bermanfaat!


Ingin menjadi blogger sukses, silahkan pelajari kisah blogger sukses di bawah ini:

Kisah blogger sukses asal Nigeria bernama Linda Ikeji
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang