--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Pilih Blogspot Atau Wordpress?


blogspot vs wordpress
Pixabay
Pilih blogspot atau wordpress? Sebuah pertanyaan yang sering muncul di benak para 'calon blogger' yang belum memutuskan -- CMS/platform mana yang akan mereka pergunakan untuk kegiatan blogging?

Pada dasarnya, platform untuk ngeblog itu sangat banyak jumlahnya, seperti blogspot, wordpress, joomla, squidoo, weebly, tumblr dan lain sebagainya. Namun, melihat dari banyaknya pengguna serta kualitas platform -- maka tersisalah 2 platform terbaik yaitu blogspot dan wordpress. Jadi saya di sini hanya akan mereview kedua platform terbaik tersebut.


Blogspot


blogger

Pada dasarnya CMS/platform blogspot adalah platform blog yang dimiliki oleh Google. Di platform yang satu ini banyak sekali menu navigasi yang memudahkan blogger dalam mengelola blognya. Selain itu, platform yang satu ini juga bisa digunakan dengan gratis -- yaitu menggunakan subdomain blogspot.
Untuk tampilan, platform blogspot memiliki beberapa template bawaan yang menurut saya kalah bagus dari tema bawaan yang dimiliki wordpress. Template bawaan di blogspot menurut saya kesannya agak jadul dan terlalu sederhana. Namun, sobat jangan khawatir -- masih banyak template-template buatan pihak ke 3 yang bisa sobat download -- baik yang gratis maupun berbayar. Sebagai referensi, blog saya ini menggunakan template pihak ke 3 buatan mas sugeng -- dan template ini lumayan responsif dan SEO friendly.
Selanjutnya untuk hosting, platform blogspot menyediakan hosting secara gratis dengan kuota penyimpanan sampai dengan 15 GB -- dan unlimited bandwith. Di sinilah letak keunggulan blogspot ketimbang wordpress -- apabila sama-sama gratis. Penyimpanan blogspot 5 kali lipat lebih besar ketimbang penyimpanan di wordpress yang gratis.
Kalau berbicara masalah SEO, tak perlu diragukan lagi, karena blogspot adalah milik Google -- dan Google adalah mesin pencari yang sering dijadikan tolak ukur kesuksesan sebuah blog. Namun dengan catatan -- kalau sobat menggunakan TLD (Top Level Domain) atau domain berbayar -- maka peringkat blog sobat jauh lebih bagus ketimbang subdomain yang gratis.
Kelebihan lain yang dimiliki blogspot yaitu bisa memasang iklan -- tanpa harus menyewa hosting atau membeli domain. Dengan blog gratisan pun kita bisa memasang iklan dalam bentuk apapun di blogspot.



Wordpress


wordpress cms

Kalau bicara masalah wordpress, maka wordpress yang dibahas di sini adalah wordpress self hosting atau wordpress dengan hosting berbayar. Kalau wordpress gratisan hanya menang di tampilan -- sedangkan fitur lainnya kalah telak dari blogspot.
Wordpress self hosting atau wordpress dengan hosting berbayar -- bisa dibilang memiliki banyak kelebihan ketimbang blogspot.
Kelebihan pertama adalah -- tampilan yang sangat dinamis, responsif dan futuristik.
Kelebihan kedua yaitu -- banyaknya pilihan plugin yang membuat website atau blog kita bisa dibuat menjadi bermacam-macam variasi. Kita bisa membuat jejaring sosial, website jual-beli, forum, website dengan sistem affiliasi dan lain sebagainya. 
Kelebihan lain dari plugin ini ada juga plugin yang khusus untuk SEO. Dengan plugin SEO tersebut, website atau blog wordpress sobat bisa memiliki peringkat yang lebih bagus ketimbang blogspot.
Meskipun memiliki banyak kelebihan, wordpress self hosting ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari wordpress self hosting ini yaitu modal yang lebih besar untuk menyewa hosting ketimbang blogspot. Kita tahu sendiri kalau blogspot memiliki hosting dengan penyimpanan yang sangat besar (15GB) -- dan bandwith unlimited tanpa harus membayar biaya sepeserpun.

Jadi saya simpulkan di sini, apabila sobat memilih untuk membuat blog dengan hosting gratis -- ada baiknya sobat menggunakan platform blogspot. Tapi apabila sobat memiliki modal untuk menyewa hosting, alangkah baiknya agar  sobat menggunakan platform wordpress -- karena plugin-plugin wordpress yang menurut saya sangat bagus dalam pengembangan website atau blog sobat.

Semoga sobat bisa menentukan pilihan platform -- sesuai yang sobat inginkan.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang