Skip to main content
iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual
© Onlenpedia Blog Network ™

PPC Atau PPM Bagusan Yang Mana?

Pay Per Click

PPC atau PPM bagusan yang mana?

Sebelumnya sudah dibahas tentang pengertian dari PPC (Pay Per Click) -- yaitu program periklanan -- di mana kita sebagai publisher iklan akan mendapatkan komisi apabila iklan tersebut di klik oleh pengunjung blog kita. Sedangkan PPM (Pay Per Mile) adalah -- kita akan dibayar per 1000 tampilan iklan di blog kita -- meskipun tidak terjadi klik. Jadi yang mana yang lebih bagus, PPC atau PPM?

Kalau saya pribadi lebih memilih PPC ketimbang PPM -- karena klik PPC lebih mudah di dapat ketimbang mendapatkan ribuan tampilan dalam sehari. Bahkan seringkali jumlah tampilan di analytic kita berbeda dengan jumlah tampilan di website penyedia iklan PPM. Hal ini lah yang menyebabkan saya lebih merekomendasikan PPC ketimbang PPM. 

Bagi sobat yang tertarik dengan PPC, ada baiknya sobat rencanakan dari awal bagaimana membangun traffic yang berkualitas -- agar nilai CTR di blog sobat tinggi. Perlu diketahui, nilai CTR adalah hasil perbandingan antara jumlah impresi (traffic) dengan jumlah klik yang terjadi. Semakin banyak klik, semakin tinggi pula nilai CTR.

Kembali lagi tentang PPC atau PPM, walaupun pendapat saya memilih PPC, namun banyak juga pebisnis online lain yang lebih cocok dengan PPM. Mereka sudah membandingkan dengan memasang iklan PPC dan iklan PPM bergantian dalam durasi yang sama. Hasilnya, menurut mereka justru PPM lah yang hasilnya lebih besar ketimbang PPC.

Mungkin ini yang namanya rezeki yang sudah diatur oleh Yang Maha Kuasa. Meskipun rekomendasi  orang menyuruh seperti ini atau seperti itu, namun yang menentukan rezeki manusia adalah Tuhan -- bukan manusia itu sendiri. Namun, manusia tetap harus berusaha -- karena usaha adalah syariat dari hidup. Kata pepatah, doa tanpa usaha sama dengan bohong -- dan usaha tanpa doa sama dengan sombong.

Jadi saya simpulkan di sini, ada baiknya agar sobat melakukan metode praktik dalam memilih PPC atau PPM. Coba sobat pasang PPC untuk satu bulan pertama -- kemudian sobat ganti PPC tadi dengan PPM untuk satu bulan berikutnya. Sobat lihat hasilnya, mana yang lebih besar -- itulah yang sobat pilih.

Atau sobat bisa juga memasang kedua-duanya sekaligus. Tapi hal itu tentunya akan mengganggu visitor -- karena iklan yang berhamburan di blog sobat. Kalau saya lebih memilih membangun kredibilitas -- alias rasa nyaman bagi pengunjung yang berkunjung di blog saya.

Salam sukses!


Baca Juga