--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Prinsip Yang Di Pegang Seorang Pendiri Startup

prinsip pendiri startup

Sobat-sobat netizen, ada yang tahu apa itu startup? 

Baiklah, kali ini saya akan memberikan contoh startup yang ada di dunia, antara lain FemaleDaily, Wikihow, TechCrunch, Mashable dan lain sebagainya.

Kebanyakan startup-startup yang ada di atas telah berhasil alias sukses. Mengapa bisa demikian? 

Jawabannya adalah karena para pendiri startup ini memiliki pandangan dan prinsip yang berbeda dari para pebisnis pada umumnya. Kemungkinan prinsip-prinsip inilah yang membuat startup bisa sukses.

Apa saja prinsip dari para pendiri startup itu? Berikut ini pemaparannya.


4 Prinsip yang dimiliki oleh para pendiri startup, antara lain:

1. Mengidentifikasi kebutuhan dasar manusia
Hal pertama yang dilakukan para pendiri startup adalah -- mengenali dan mengidentifikasi kebutuhan dasar manusia. Janganlah mencoba menciptakan sesuatu yang baru yang belum tentu disukai orang lain.
Hal ini sesuai dengan petuah dari Evan Williams, silahkan baca di: 

4 Tips dari pendiri Twitter dan Blogger kepada para pebisnis online.

Intinya carilah kebutuhan dasar manusia, kemudian buatlah sistem yang lebih baik dan lebih mudah daripada layanan yang sudah ada. Tujuan dan prinsipnya untuk memfasilitasi dan memudahkan manusia dalam pemenuhan kebutuhannya.

2. Mencari Permasalahan 
Kemudian cari permasalahan yang timbul dari kebutuhan tersebut. Apa saja permasalahan-permasalah baru yang mungkin muncul dan belum ada yang bisa memecahkannya.


3. Mencari Solusi
Carilah solusi dari permasalahan tersebut. Solusi yang dimaksud adalah sebuah sistem yang mampu memecahkan permasalahan yang ditemukan. Sistem itulah yang menjadi 'konten' dari startup yang dibangun. Dan sistem tersebut dibuat sesimple mungkin, agar memudahkan penggunanya.

4. Mengutamakan value ketimbang mengejar revenue
Dan yang terakhir, yang jadi prinsip utama dari seorang pendiri startup adalah -- fokus untuk memberikan value (manfaat) ketimbang sekedar mencari revenue (keuntungan). Karena itu ekosistem startup bisa berkembang dengan pesat, lantaran banyaknya manfaat yang bisa diperoleh oleh para pengguna dari startup tersebut.


Sekian dulu tulisan singkat ini saya sampaikan. Semoga bisa memberikan inspirasi kepada sobat-sobat semuanya.

Salam Sukses!

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang