Skip to main content

Rencanakan Dari Sekarang Tujuan Anda Blogging

tujuan membuat blog
pixabay

Sobat-sobat netizen, kali ini saya kembali membahas tentang blogging. Setelah sebelumnya saya membahas tentang 3 manfaat dari kegiatan blogging, kali ini saya akan membahas tentang tujuan akhir sobat dalam melakukan kegiatan blogging. Ada baiknya agar sobat-sobat netizen merencanakan tujuan akhir dari blogging -- apakah itu untuk sekedar hobi, untuk sharing atau untuk mencari uang (blogging for money).


Bagi para blogger yang masih awam, biasanya kegiatan blogging hanya sekedar  untuk hobby dan sharing. Apa yang ada dipikiran mereka -- mereka tuangkan dalam bentuk tulisan di artikel yang nantinya akan di publish. Ketika artikel tersebut di publish, sang blogger tidak terlalu memperdulikan SEO, traffic dan lain sebagainya. 

Sang blogger juga tidak terlalu rutin melakukan kegiatan blogging. Apabila moodnya sedang bagus -- baru dia menulis artikel di blog. Apabila dia sedang tidak mood -- maka blog tersebut akan ditelantarkan begitu saja. Intinya mereka melakukan kegiatan blogging hanya sekedar hobi dan kesenangan saja.

Berbeda dengan tipe blogger lainnya yang berkelas 'profesional'. Tujuan dari blogger tipe ini adalah melakukan kegiatan blogging untuk mendapatkan uang (blogging for money). Blogger tipikal seperti ini akan sangat bersemangat dan teratur melakukan aktivitas blogging. Semangat itu timbul karena mereka terinspirasi dari sosok blogger-blogger sukses yang penghasilannya ratusan bahkan ribuan dollar perbulannya. 


Apakah bermodalkan semangat saja sudah cukup?

Menurut saya, kalau bermodalkan semangat saja tidak cukup untuk menjadi blogger sukses seperti para mastah blogger. Seorang blogger yang sukses, pastinya akan mengalami beberapa fase yang 'menyakitkan' dalam hidupnya. Selain itu proses menjadi sukses tersebut juga tidak diraih dengan cara yang instan -- melainkan dengan proses yang panjang dan kalau di 'hiperbola'kan -- sang blogger harus 'berdarah-darah' dulu sebelum sukses.


Sesulit itulah menjadi blogger yang sukses?

Jawabannya adalah YA. Kegiatan blogging for money sama juga dengan kegiatan mencari uang di dunia nyata. Butuh kerja keras, pengorbanan, tenaga, komitmen, fokus dan konsistensi yang tinggi untuk menjadi seorang blogger yang sukses.


Bagaimana kiat-kiatnya agar bisa bertahan dan tidak mudah putus asa?

Sesuai dengan judul artikel ini, yaitu 'Rencanakan Dari Sekarang Tujuan Anda Blogging', maksudnya adalah persiapkan tujuan akhir anda dalam melakukan kegiatan blogging dan anda harus siap menerima segala konsekuensinya. Perencanaan yang dimaksud di sini ditujukan untuk para blogger yang melakukan kegiatan blogging for money.

Perencanaan yang dimaksud antara lain:
1. Persiapkan fasilitas dalam melakukan kegiatan blogging
2. Persiapkan konten yang banyak dan berkualitas -- serta konsistensi dalam menulis
3. Persiapkan teknik promosi yang bagus
4. Persiapkan cara mengatasi kejenuhan 
5. Persiapkan diri anda ketika harus menerima kenyataan kalau blog anda hanya menghasilkan sedikit uang.

Kesemua perencanaan ini merupakan proses panjang yang harus dilalui oleh seorang blogger untuk menuju kesuksesan. Semangat di awal bisa padam kalau tidak mempersiapkan hal-hal yang saya sebutkan di atas. Menjadi blogger tidak seperti sihir yang bisa mendatangkan uang dalam kurun waktu semalaman. Menjadi blogger adalah salah satu profesi yang harus ditekuni dengan sungguh-sungguh layaknya profesi lain di dunia nyata.

Baca juga: 3 Tips Dalam Memilih Domain Blog

Dan satu hal yang terpenting yang sebelumnya pernah saya jelaskan. Amalkan selalu yang namanya KFK -- Komitmen, Fokus dan Konsisten. Niscaya sobat-sobat tidak akan peduli dengan segala rintangan yang menghalangi tujuan akhir sobat dalam melakukan kegiatan blogging. Karena KFK adalah pondasi utama seseorang dalam menjalani -- apa yang menjadi 'pilihan hidup'nya.

Demikian artikel yang sederhana ini saya tulis, semoga bisa memberikan manfaat bagi sobat-sobat blogger semuanya.

Terima kasih dan salam sukses!
Baca Juga
[NEW] Daftar situs penyedia dropship