--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Trik Menulis Artikel Agar Lebih Produktif

trik menulis cepat
ilustrasi dari pixabay.com

Sobat-sobat netizen, khususnya para blogger sekalian di manapun kalian berada. Berapa maksimal jumlah artikel yang bisa kalian tulis dalam sehari? Jawabannya pasti ada yang 1, 2, 3, 4 atau lebih. Kalau saya pribadi bisa menulis artikel maksimal 10 artikel perhari. Kenapa bisa sebanyak itu?

Sebenarnya ada satu trik cepat dalam menulis artikel. Yaitu menulis tanpa mengedit. Atau lebih tepatnya -- menulis tanpa menekan tombol backspace. Artinya sobat-sobat harus terus menulis artikel dan lupakan sejenak untuk menekan tombol backspace. Tulis terus artikel sampai habis dan jangan pernah berfikir untuk memperbaiki kesalahan huruf yang terlanjur diketik. Cuek saja apabila ada kesalahan-kesalahan penulisan dan lain sebagainya.


Tuangkan ide-ide brilian sobat dalam bentuk tulisan di artikel. Jangan hiraukan kesalahan ejaan, kosakata ataupun penulisan huruf. Jangan sampai di tengah-tengah penulisan artikel, sobat kembali mengecek ke paragraf ataupun kalimat sebelumnya -- karena hal tersebut sangatlah tidak efektif. 

Pada dasarnya pekerjaan menulis dan mengedit yang dikerjakan secara bersamaan membuat kita tidak produktif dalam membuat artikel. Alangkah baiknya agar mengerjakannya satu-persatu. Menulis dulu sampai selesai, baru kemudian mengedit.

Perlu sobat-sobat ketahui, pekerjaan menulis dan mengedit bisa digabungkan -- namun hal itu pastinya akan sangat membebani otak. Karena menulis adalah pekerjaan otak kanan -- sedangkan mengedit adalah pekerjaan otak kiri. Menulis membutuhkan imajinasi, kebebasan dan kreatifitas (otak kanan) -- sedangkan mengedit membutuhkan ketelitian, kerapian, struktur yang jelas dan keteraturan (otak kiri).

Baca juga: 5 Hal paling mendasar dalam teknik SEO

Oleh karena itu, untuk hasil yang lebih maksimal, biarkan otak kanan melakukan tugasnya sampai selesai (menulis). Kemudian, baru giliran otak kiri yang mengoreksi pekerjaan dari otak kanan (mengedit). Dan usahakan jarak antara keduanya minimal lebih dari 1x24 jam. Karena kalau langsung mengedit saat itu juga, hasilnya mungkin kurang maksimal.

Dengan mengamalkan cara di atas, dijamin penulisan artikel sobat akan lebih produktif. Selain itu, sobat-sobat pasti akan merasa enteng dalam melakukannya -- lantaran kerja otak kanan yang tidak 'diganggu' oleh otak kiri. Kerja keduanya tidak semrawut dan pastinya lebih beraturan.

Sekian dulu ulasan dari saya tentang trik menulis artikel agar lebih produktif. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi sobat-sobat semuanya.

Salam sukses!
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang