--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Algoritma Terbaru Google: Mobilegeddon

mobilegeddon
ilustrasi dari revel.in

Sobat-sobat blogger sekalian, beredar kabar tentang algoritma baru dari Google sejak bulan April 2015. Algoritma kali ini, lebih cenderung untuk memfokuskan 'perhatian' kepada situs-situs dengan tampilan yang responsif (mobile friendly). Walhasil, situs-situs yang tidak mobile friendly siap-siap untuk 'turun kasta'.

Dan nama dari algoritma baru Google ini adalah, Mobilegeddon. Terdengar sedikit 'mengerikan' ya?

Sobat-sobat blogger, algoritma terbaru Google yaitu mobilegeddon ini baru saja rilis pertengahan april 2015 yang lalu. Kemunculan algoritma baru ini seakan menjawab kebutuhan akan tampilan smartphone yang semakin lama semakin bertambah saja

sobat-sobat bisa baca: Era mobile marketing, pengguna smartphone lebih banyak daripada pengguna PC

Kita tahu sendiri, saat ini pengguna smartphone memang lebih banyak daripada pengguna PC. Alhasil, sebagian besar masyarakat Indonesia dan bahkan masyarakat dunia lebih cenderung mengakses internet via smartphone. Selain lebih praktis, mengakses internet via smartphone tentunya bisa dilakukan di mana saja. 

Kebutuhan akan situs bertampilan mobile pun menjadi semakin bertambah. Untuk itulah, Google mencoba menjawab  akan kebutuhan tersebut dengan meluncurkan Mobilegeddon, agar para blogger dan website owner lebih memperhatikan tampilan dari blog atau website mereka. Karena Google ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengakses internet via smartphone. Dengan tampilan situs yang mobile friendly, tentunya pengunjung situs akan lebih nyaman dalam membaca isi konten. Daripada harus disuguhkan dengan situs yang memiliki tampilan PC, namun diakses dari smartphone. Pengguna akan kesulitan membaca isi konten yang terlihat kecil-kecil dan harus di zoom setiap saat.


Beruntung, sebelum terjadinya algoritma mobilegeddon ini -- para pemilik situs sudah memodifikasi tampilan situs mereka agar responsif terhadap tampilan mobile. Namun, ada juga yang masih belum 'melek' dengan era mobile marketing ini. Walhasil, peringkat situs-situs tersebut jadi 'turun kasta', karena google lebih memprioritaskan situs-situs yang mobile friendly dalam hal pemeringkatan.

Usut punya usut, ternyata algoritma mobilegeddon ini hanya berlaku bagi user yang mengakses internet via smartphone dan tablet. Bagi user yang mengakses internet via desktop, peringkat situs masih normal seperti biasa (tak ada prioritas untuk situs yang mobile-friendly).


Tapi tetap saja pemilik situs harus memperhatikan tampilan situsnya. Kalau pemilik situs belum 'melek' dengan tampilan responsif, siap-siap situs tersebut akan sepi pengunjung. Karena pemilik situs seperti itu hanya berharap pada kunjungan dari komputer/laptop yang notabene memiliki user lebih sedikit ketimbang pengguna smartphone/tablet.

Bagi sobat-sobat blogger yang tampilan blognya masih belum responsif, segera modifikasi! Semakin waktu berjalan, pengguna smartphone akan terus bertambah banyak. Dan tentunya akses internet dari smartphone akan semakin dominan.

Demikan ulasan singkat tentang algoritma baru Google 'mobilegeddon ' ini saya tulis. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat-sobat blogger semua.

Salam sukses!
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang