Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Candy Crush, Startup Game Yang Sangat Cerdas

game candy crush
candy crush

Sobat-sobat netizen, khususnya para pecinta game Candy Crush. Saya adalah salah satu orang yang senang dan hobi memainkan game ini. Menurut saya, selain konsep permainannya simpel namun asyik, game ini juga sangat cerdas. Cerdas yang dimaksud adalah cerdas dalam hal memonetisasinya. Bagaimanakah caranya?

Sebelumnya sobat-sobat pasti tahu dengan konsep game Candy Crush ini. Cara mainnya adalah dengan menggeser permen yang warnanya sama, sehingga akan hancur. Setiap permen yang hancur akan mendapatkan poin. 

Namun tantangan sekaligus daya tariknya bukan sekedar mengumpulkan poin. Di game ini ada yang sistemnya menghancurkan sejumlah kristal, menurunkan buah sampai ke baris paling bawah dan mengumpulkan poin minimal dengan durasi waktu tertentu. 

Stagenya pun sangat banyak, dan sangat lama untuk bisa menamatkan game ini. Pokoknya game ini sangatlah simpel, tapi asyik menurut saya.

Balik lagi ke topik utama, yaitu Kecerdasan dari Candy Crush dalam hal monetisasi. Kenapa bisa dibilang cerdas?


Candy Crush ini sangat cerdas dalam hal monetisasi, karena tidak bergantung kepada iklan. Menurut mereka, keberadaan iklan tentunya akan sangat mengganggu para pengguna. Alhasil mereka pun menggunakan 'cara berbeda' dalam hal monetisasi. Cara yang mereka gunakan antara lain:

1. Membeli Senjata
Membeli senjata yang dimaksud adalah, kita bisa menggunakan senjata tambahan (semisal donat) dengan membelinya. Fitur pembeliannya terhubung dengan Apple store dan Google Play.
Bagi yang tidak membeli juga tak masalah. Yakin saja kalian bisa menyelesaikan setiap stage dengan kerja keras tanpa senjata tambahan.

2. Membeli Nyawa
Pada dasarnya, jatah nyawa dari Candy Crush adalah sebanyak 5. Jatah nyawa yang berkurang harus menunggu 'otorisasi nyawa' selama 30 menit/nyawa. 
Bagi yang kehabisan nyawa dan tak sabar menunggu bisa langsung membeli nyawa di sana. 
Bagi yang tak ingin membeli, cukup menunggu 30 menit, maka 1 nyawa akan kembali. Dan dengan menunggu selama 2,5 jam, maka jatah nyawa akan full kembali (sebanyak 5 nyawa). 
Pilihan lain bisa juga dengan merequest jatah nyawa dari teman FB yang juga bermain di game ini.

3. Unlock Level
Terkadang, ketika level semakin jauh -- ada juga fitur unlock level. Kita tidak bisa meneruskan level kalau tidak membayar.
Namun ada alternatif lain bagi yang tak ingin bayar, dengan catatan harus bersabar. Untuk melewati unlock level tanpa harus bayar, maka sobat harus melewati 3 spesial quest. Ketika 1 quest berhasil diselesaikan, maka sobat harus menunggu selama 1x24 jam untuk bisa memulai quest kedua. Dan begitu seterusnya sampai quest yang ketiga. Cukup lama juga ya, heheheh..

Saya menganggap ketiga cara monetisasi di atas sangat cerdas karena:
1. Tidak ada iklan yang mengganggu
2. Stage dan level yang banyak, memungkinkan pengguna lebih lama untuk menyelesaikan
3. Mempengaruhi psikologi pengguna yang keasyikan bermain dan ingin segera menyelesaikan tiap stage. Tipe pengguna yang 'tidak sabaran' inilah yang menjadi sumber uang bagi Candy Crush.

Sungguh luar biasa memang, game buatan dari vendor bernama King ini. Selain simpel dan asyik, cara memonetisasinya pun tak menggunakan iklan yang tentunya akan sangat menganggu.




Sekian dulu ulasan dari saya mengenai Candy Crush, startup game yang sangat cerdas. Semoga ulasan ini bisa memberikan inspirasi bagi sobat semua.

Salam!
Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR