Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (2 dan 5 thn)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Cara Mendapatkan Feedback Positif Dalam Berjualan di Tokopedia

cara mendapatkan feedback positif tokopedia
ilustrasi dari tokopedia.com

Sobat-sobat netizen, pembahasan kali ini (lagi-lagi) tak jauh dari situs Tokopedia. Karena situs jual-beli yang satu ini merupakan situs terfavorit bagi para penjual yang ingin berjualan secara online. Untuk itu, saya akan terus mengulas tentang situs yang satu ini.

Kenapa begitu banyak penjual yang berjualan di Tokopedia?

Jawabannya adalah, karena promosinya yang gencar, sehingga banyak pembeli yang membeli barang di situs Tokopedia. Otomatis penjual pun jadi ikutan bertambah, lantaran banyaknya pembeli tadi. Nah, karena banyaknya persaingan antar penjual -- maka semuanya berlomba-lomba untuk mendapatkan penjualan dan tentunya feedback positif.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mendapatkan feedback positif di Tokopedia?

Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi -- berikut ini saya paparkan mengenai cara mendapatkan feedback positif dalam berjualan di Tokopedia. Silahkan disimak baik-baik.


1. Barang harus sesuai dengan yang dipesan pembeli
Ketika sobat berhasil mendapat pembeli, usahakan barang yang sobat akan kirimkan sesuai dengan gambar dan spesifikasi barang. 
Usahakan juga untuk mengecek apakah ada cacat di barang tersebut. Jangan memaksakan untuk mengirim barang lain yang mirip, seandainya barang yang dipesan ternyata sudah habis. Lebih baik sobat mengatakan sejujurnya (kalau barang habis) -- daripada mengecewakan pembeli nantinya.



2. Pastikan barang dikirim dengan cepat
Hal lainnya yang mempengaruhi feedback positif adalah, kecepatan dalam mengirim barang. 
Memang untuk urusan mengirim barang adalah kewenangan dari pihak ketiga (ekspedisi).  Tapi sobat harus tetap mengupayakan kecepatan dalam menghandle, mengepak dan mengantarkan barang ke ekspedisi.

3. Menghandle setiap komplain dengan baik
Hal selanjutnya yang mempengaruhi feedback positif adalah, kesigapan dalam menghandle komplain dari pembeli.
Ketika pembeli merasa barang yang dikirim tak sesuai, segeralah respon dengan baik dan ramah. 
Ingat, pembeli adalah raja.


4. Siap ganti rugi apabila pembeli kecewa dengan barang yang dikirim
Poin keempat ini merupakan kelanjutan poin ketiga -- yaitu dalam hal menghandle komplain dari pembeli.
Di poin ketiga membahas tentang kesigapan dalam menghandle komplain dari pembeli -- kalau untuk poin keempat ini, sobat-sobat harus siap rugi untuk mengirimkan barang lain yang diminta pembeli. Sobat bisa minta baik-baik agar pembeli mengirimkan barang yang tak sesuai pesanan ataupun cacat tersebut. Kemudian sobat kirimkan barang pengganti yang sesuai keinginan pembeli. 
Tapi ingat, semua sobat lakukan kalau kesalahan ini murni dari sobat. Kalau kesalahan ini bukan dari sobat, lebih baik sobat menolak permintaan pembeli -- namun dengan bahasa yang halus dan ramah.

5. Mengutamakan kredibilitas
Poin terakhir yang perlu diperhatikan guna mendapatkan feedback positif adalah, mengutamakan kredibilitas.
Kredibilitas atau kepercayaan sangat penting nilainya di mata pembeli. Untuk itu, sebagai penjual usahakan agar mengutamakan memperoleh kredibilitas ketimbang mendapatkan keuntungan semata. Karena dengan kredibilitas yang baik, sobat-sobat tak hanya mendapatkan pembeli -- tapi sobat juga akan mendapatkan pelanggan (pembeli yang membeli lebih dari sekali).

Bagi sobat yang memang ingin fokus mendapatkan feedback positif, saya sarankan agar mengamalkan kelima langkah di atas. Hal ini penting untuk sobat-sobat, agar bisa langgeng dalam berjualan di Tokopedia. 

Kalau terus konsisten mendapatkan feedback positif, bukan tidak mungkin sobat-sobat akan menjadi salah satu top seller di Tokopedia. Bukankah itu impian para seller di Tokopedia?

Sekian dulu ulasan saya mengenai cara mendapatkan feedback positif di Tokopedia. Semoga bermanfaat bagi sobat semuanya.
Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR