Skip to main content

Faktor-Faktor Kesuksesan di Tokopedia

kesuksesan berjualan di tokopedia
ilustrasi dari tokopedia

Sobat-sobat para penjual online di manapun kalian berada. Apakah bisa sukses berjualan di Tokopedia? Jawabannya tentu BISA (karena memang sudah ada buktinya).
Lalu bagaimana caranya agar bisa sukses di Tokopedia? 
Jawabannya adalah, banyak cara untuk sukses di Tokopedia, akan tetapi hanya mereka yang pernah sukses di sana yang tahu bagaimana caranya.

Di sini saya tidak akan membagikan cara agar sukses di Tokopedia (karena saya memang tidak tahu caranya). Yang saya bagikan di sini adalah, tentang faktor-faktor kesuksesan di Tokopedia. Dari sini bisa diketahui sedikit, bagaimana gambaran para penjual sukses yang ada di Tokopedia.

Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi -- langsung saja saya paparkan mengenai faktor-faktor kesuksesan di Tokopedia. Ulasan ini saya tulis berdasarkan yang saya baca dari beberapa sumber. Silahkan disimak baik-baik.


1. Kerja keras
Sudah tak dapat dipungkiri, kerja keras merupakan syarat utama untuk sukses. Tidak hanya berjualan dalam Tokopedia, untuk usaha apapun baik online maupun offline -- kerja keras wajib hukumnya.
Bagi yang ingin sukses, kalian harus terbiasa dengan kerja keras. Tidak ada kesuksesan yang instan dan cepat. Semuanya butuh proses yang panjang, berat dan penuh dengan rintangan.


2. Harga yang lebih murah
Bagi yang ingin sukses di Tokopedia, kalian harus sedikit berkorban. Berkorban yang dimaksud di sini adalah, berkorban dalam hal mendapatkan margin keuntungan yang sedikit. 
Bagi sobat yang ingin mendapatkan banyak penjualan, sobat-sobat harus siap bersaing harga. Siapa yang paling murah, dialah yang akan mendapatkan banyak pembeli. 
Dan ingat, biarpun keuntungan sedikit, tapi terus-menerus terjadi penjualan.


3. Pelayanan yang lebih baik
Faktor lain yang mempengaruhi kesuksesan dalam berjualan di Tokopedia adalah, pelayanan yang lebih baik dari penjual yang lain. 
Dengan memberikan pelayanan yang baik dan sigap, maka sobat tak hanya mendapatkan pembeli. Sobat-sobat akan mendapatkan pelanggan (pembeli yang datang berkali-kali), lantaran mereka merasa nyaman dalam bertransaksi dengan sobat.

4. Inovasi produk
Faktor terakhir yang mempengaruhi kesuksesan dalam berjualan di Tokopedia adalah, inovasi produk. Inovasi yang dimaksud di sini adalah, jual lah produk unik yang tak dijual oleh penjual yang lain. 
Untuk melakukan hal ini, sobat harus memiliki kemampuan dalam hal inovasi produk. Lakukanlah sesuatu yang 'beda' dari yang lainnya.

Pada intinya, yang menentukan kesuksesan seseorang hanyalah Tuhan. Jadi, selain mengamalkan 4 hal di atas, jangan lupa juga untuk berdoa dan menyerahkan segalanya kepada Yang Maha Berkehendak. Insya Allah, semua akan indah pada waktunya.

Sekian dulu ulasan tentang faktor-faktor kesuksesan dalam berjualan di Tokopedia ini saya tulis. Semoga bisa dijadikan pembelajaran bagi sobat sekalian.

Semoga bermanfaat!
Baca Juga