--> Skip to main content



Hati-Hati Dengan Bisnis Online Yang Meminta 'Setoran' di Awal

hati-hati penipuan
pixabay


Sobat-sobat netizen, khususnya yang baru memulai bisnis online. Hati-hatilah dengan bisnis online dengan tajuk 'cara cepat mendapatkan uang dan bla bla bla', tapi ujung-ujungnya meminta 'setoran' di awal. Semua itu SAH adalah PENIPUAN!! Mengapa demikian?

Bisnis online sebenarnya sama seperti bisnis lain pada umumnya. Semuanya yang berhubungan dengan bisnis, pastilah memerlukan kerja keras, ketekunan, komitmen, fokus dan konsisten. Bahkan tidak sedikit pula yang mengalami kegagalan, jatuh bangun, dan terus mencoba berkali-kali. Intinya menjadi pebisnis online itu harus realistis layaknya bisnis di dunia nyata. Namun, karena bisnis online dianggap 'tabu', maka banyak pihak yang mengambil keuntungan dari para newbie yang masih 'buta' akan dunia bisnis online.

Kita sering membaca di media online dengan tajuk "Cara cepat mendapatkan uang puluhan juta dalam sehari hanya dengan bla bla bla..". Ada juga yang jenisnya seperti ini "Beli eBook sukses meraup miliyaran dalam waktu singkat dengan harga bla bla bla..". 

Terdengar sangat menggiurkan bukan? Sebenarnya hal di atas saya pribadi menggolongkannya sebagai para 'penghisap darah' newbie.

Baca juga: 7 Sumber penghasilan dari internet

Ada 2 jenis hal yang harus dihindari (menurut saya) dalam bisnis online (selain money game dan MLM), antara lain:

1. Meminta setoran di awal, kemudian sang penipu loss contact setelah transfer uang sukses. Modusnya adalah dengan memberi iming-iming di awal, kemudian meminta setoran. Setelah uang disetor, kabur deh orangnya :D

2. Para mastah atau yang 'mengaku' mastah yang menjadi 'drakula' penghisap darah newbie. 
Modusnya adalah disuruh membeli eBook ataupun video tutorial yang isinya sama seperti ilmu gratisan di Google. 
Modus lainnya adalah dengan membuat semacam grup premium, di mana member harus membayar sekian juta untuk bisa join di grup tersebut. Namun ternyata konten grupnya tidak tersedia alias pepesan kosong (silahkan googling: Republik Tycoon). 
Modus lainnya (lagi) adalah mengadakan seminar berbayar jutaan, dengan menghadirkan screen shoot penghasilan ratusan juta perbulan sebagai 'pancingan' agar banyak yang join. Ternyata oh ternyata, screen shootnya palsu alias editan coy! (Silahkan Googling: Penipuan CB premium).

Intinya bagi para newbie saya sarankan agar berhati-hati dalam mengambil langkah. Banyak mastah atau yang mengaku mastah memanfaatkan 'keluguan' dari para newbie demi meraup keuntungan. Perlu sobat-sobat ketahui, ada banyak ilmu bisnis online GRATIS di internet. Jangan malas untuk Googling.

Sekian dahulu ulasan dari saya mengenai  peringatan agar berhati-hati dengan bisnis online yang meminta setoran di awal. Pesan saya agar sobat-sobat JANGAN terpengaruh iming-iming dari pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab dan kredibilitasnya masih dipertanyakan. Bagi yang ingin belajar bisnis online, cukup Googling saja. 

Jangan lupa juga untuk harus bersikap realistis. Realistis yang dimaksud adalah, siap bekerja keras, siap gagal, siap pantang menyerah dan lain sebagainya.

Semoga menginspirasi!
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang