Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Rencanakan Semuanya Sebelum Terjun Ke 'Medan Pertempuran'

rencanakan sebelum terjun ke medan tempur
pixabay

Apakah rencana itu penting? Sebagian mengatakan kalau rencana hanya akan memperlambat action. Sebagian lagi mengatakan kalau tanpa rencana yang matang, maka 'action'nya akan serampangan. Jadi yang manakah pendapat yang benar?

Bisa digaris bawahi bahwa rencana itu penting. Namun terlalu banyak rencana dan lambat dalam bertindak juga tak terlalu bagus. Karena kalau rencana tanpa tindakan sama saja dengan wacana berkepanjangan. 

Lalu bagaimana seharusnya rencana yang benar?

Rencana yang matang adalah salah satu hal yang harus dilakukan sebelum action. Namun dengan catatan, setelah rencana siap -- langsung saja ditindak. Jangan ditunda lagi! 

Namun ada juga istilah yang namanya 'rencana cadangan'. Karena tanpa rencana cadangan, maka seseorang akan 'tewas' di medan pertempuran. Hmm.. Benarkah itu?

Saya adalah salah satu orang yang selalu mengamalkan yang namanya rencana cadangan. Biasanya saya memberinya dengan nama Plan B, Plan C sampai dengan Plan D. Ya, biasanya saya memiliki 3 rencana cadangan di balik rencana utama (plan A).

Baca juga: 7 Sumber penghasilan dari internet

Saya memiliki pengalaman yang pahit kalau hanya mentok dan hanya punya satu rencana saja. Hasilnya, saya pun 'tewas', baik dari segi materi maupun moril. 

Ketika pola pikir hanya bergantung pada satu rencana, maka kita akan mati-matian memperjuangkannya. Modal yang dikeluarkan baik itu materi (uang) maupun moril (tekad) pastinya tidak sedikit. Yang pasti harapan besar tertuju pada satu rencana tersebut. Seluruh jiwa dan raga dicurahkan untuk satu tujuan tersebut.

Lalu apa yang terjadi jika rencana tersebut gagal? Tak ada backup, tak ada plan B. Pastinya akan hancur, drop dan down bukan, hehehe..

Untuk itu, saya menghimbau pentingnya rencana cadangan dalam menggapai satu tujuan. Saya memiliki peribahasa yang saya buat sendiri. Peribahasa itu isinya adalah: "Jangan hanya bergantung pada satu sayap, karena ketika sayap tersebut patah -- maka tak akan ada lagi sayap lain yang menopang." Artinya kamu akan jatuh dengan seketika, tanpa adanya rencana cadangan.

Jangan lupa untuk selalu merencanakan segalanya sebelum terjun ke 'medan pertempuran'. Usahakan rencana tersebut juga memiliki rencana cadangan, agar bisa membackup rencana utama (seandainya gagal). Jadinya sobat akan terus bisa 'terbang' karena ada beberapa sayap yang menopang. 

Jangan lupa, pesawat saja memiliki beberapa sayap dan beberapa mesin. Tujuannya supaya tidak jatuh kalau salah satu mesinnya rusak.

Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi sobat semuanya. 

Salam sukses!
Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL