--> Skip to main content



Tulisan Dari Blog Mampu Mensugesti Pembaca

tulisan blog
ilustrasi dari pixabay.com

Sobat-sobat netizen, setelah sebelumnya saya telah membahas tentang 3 Manfaat dari kegiatan blogging. Kali ini saya akan membahas tentang kelebihan lain dari blogging.

Kelebihan yang saya maksud ini adalah, bahwa tulisan dari blog ternyata mampu mensugesti pembaca. Membuat pikiran pembaca 'terhipnotis' secara tak langsung. Selain itu mampu juga untuk menanamkan 'pola pikir tertentu' yang disampaikan melalui tulisan dan gaya bahasa yang sangat halus namun bermakna dalam.

Kekuatan utama dari blog adalah konten. Dan sebagian besar blog memiliki konten berupa tulisan (artikel). Ada juga konten jenis lain yang dipakai, namun masih kalah banyak dari konten berupa tulisan.

silahkan baca: Konten adalah raja blogwalking adalah ratunya

Apa kelebihan dari konten berupa tulisan?

Jawabannya adalah, bahwa konten tulisan lebih banyak disukai orang-orang ketimbang konten jenis lainnya. Selain biaya akses yang lebih murah daripada konten lain (misalnya video), kualitas konten tulisan juga memiliki suatu 'power' yang tak dimiliki konten jenis lainnya. Tapi 'power' yang saya maksud tergantung dari kualitas penulis dalam menggambarkan isi dari tulisannya.

Perlu sobat-sobat ketahui, kebanyakan para pegiat internet lebih suka membaca ketimbang 'melihat'. Mungkin kebanyakan dari mereka sebelumnya memang terbiasa membaca buku, majalah dan koran. Dan untuk saat ini mereka lebih sering membaca di internet. Karena membaca (melalui media apapun) dapat menambah wawasan, ilmu dan pengetahuan. Karena itulah, kebutuhan pembaca akan konten (tulisan) yang bermanfaat masih sangat tinggi. Dan kita sebagai blogger, bisa memanfaatkan hal tersebut guna menghadirkan konten-konten berkualitas dan tentunya yang bersifat 'sugestif'.

Apa kegunaan dari konten yang mampu mensugesti pembaca?

Dengan menulis konten berkualitas namun memiliki makna sugesti yang halus -- tentunya akan mampu mengarahkan pembaca untuk mengikuti pola pikir kita. Cara menggambarkan sesuatu dengan kata-kata yang halus dan gaya bahasa yang khas -- bisa membuat pembaca merasa nyaman dengan tulisan kita. Dari situlah, bisa diselipkan kalimat-kalimat 'sugestif' yang isinya mengarahkan pembaca untuk membeli produk (misalnya dari pihak sponsor atau produk affiliasi kita). Di sinilah letak kekuatan konten yang 'sugestif' bisa menghasilkan sesuatu dengan metode bisnis Content Creations dan Affiliasi.
Contoh tulisan yang bersifat sugestif antara lain: review produk, tips-tips, pandangan hidup dan lain sebagainya.

Kegunaan lainnya dari konten yang bersifat 'sugestif' adalah, bisa membuat pembaca semakin tertarik dan menyukai blog kita. Salah satu sebabnya adalah, karena konten-konten yang kita hadirkan bisa memberikan 'sugesti positif' kepada pembaca yang sedang jenuh ataupun putus asa. Dengan membaca konten di blog kita, pembaca akan mendapatkan inspirasi, semangat baru dan visi yang lebih baik untuk ke depannya.
Contoh konten yang bersifat 'sugesti positif' antara lain: motivasi hidup, kisah sukses dan lain sebagainya.

Penting bagi penulis blog agar menghadirkan konten yang berkualitas dan bersifat 'sugestif'. Dengan adanya 'sugesti halus' dalam penyampaian isi artikel, tentunya akan memberi nilai lebih bagi blog yang kita kelola. Dan bukan tidak mungkin, hal itu akan memberikan nilai tambah dari segi pendapatan.

Semoga Menginspirasi!
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang