--> Skip to main content



Blog Adalah Sales Yang 'Terselubung'

kegunaan blog sebagai sales
blog saya yang lain

Banyak sekali fungsi blog bagi para pemiliknya. Selain sebagai tempat berbagi ilmu dan untuk menambah teman, blog juga bisa dijadikan sebagai sales yang 'terselubung'. Memangnya bisa?

Jawabannya tentu saja bisa! Fungsi blog sesungguhnya adalah sebagai alat promosi dalam dunia internet marketing. Kalau saya pribadi menyebutnya sebagai sales 'terselubung'. Tapi hal ini khusus saya istilahkan untuk blog saya yang satunya, yaitu blog 7 manusia harimau yang beralamatkan di www.7mh-rcti.blogspot.com. Kenapa bisa disebut sales terselubung?

Jawabannya adalah karena konten dari blog yang berbeda dengan barang/jasa yang dijual. Hal ini dikarenakan niche blog yang tidak berhubungan dengan produk/jasa, dan niche ini terbilang unik -- yaitu tentang sinetron 7 manusia harimau.

Kenapa saya memilih niche tersebut?

Jawabannya adalah karena saya ingin mengejar traffic dari sesuatu yang sedang populer. Kebetulan saya juga menyukai hal (sinetron) tersebut. Jadi saya putuskan untuk membuat blog dengan tema sinetron favorit saya yaitu 7 manusia harimau. Kebetulan ratingnya saat ini sedang booming..

Karena nichenya yang bersifat micro, membuat blog ini bisa menguasai beberapa kata kunci penting dalam waktu tak sampai 2 bulan. Alhasil, traffic pun semakin bagus dan dari sinilah saya salurkan untuk sebuah bisnis -- tepatnya jualan jasa/keahlian yang saya punya.

Karena traffic (yang mengunjungi) blog ini adalah pria dan wanita dikisaran umur 14-30 tahun, maka pas sekali dengan keahlian saya yaitu sketsa wajah. Alhasil, blog ini pun saya jadikan 'sales terselubung' untuk keahlian saya tersebut. 


Hal itu bisa sobat lihat pada gambar (di paling atas), di bawah judul blog terdapat kata-kata marketing. Kemudian di bawah kata-kata marketing tersebut ada link menuju halaman promo jasa sketsa wajah. Di halaman promo tersebut terdapat contoh hasil sketsa buatan saya, cara order, pin BB dan Instagram saya. Semuanya lengkap ada di sana :).

Perli sobat-sobat ketahui, sejauh ini cara promosinya lumayan efektif. Ada beberapa order yang datang dari berbagai daerah, seperti Bekasi, Bandung, Riau, Jakarta dan Bogor. Lumayan lah buat 'sampingan' dari blog-blog saya yang lain.

Bukan saya namanya kalau tak punya rencana cadangan alias backup. Untuk 1 blog 7 manusia harimau itu, saya memiliki cara monetisasi yang lain selain jualan jasa sketsa. Monetisasi tersebut adalah dengan JV Adsense, atau Join Venture Adsense. Alhasil, sudah ada 2 cara monetisasi dalam satu blog.

Meskipun cuma blog gratisan (subdomain blogspot), blog 7 manusia harimau tersebut lumayan mendatangkan hasil. Tapi ke depannya saya ingin mengembangkannya lagi. Nanti akan dimulai dengan mengganti ke top level domain (TLD).

Setelah (nantinya) memakai TLD, rencana saya akan menulis review tentang lebih dari satu acara TV (tidak hanya sinetron 7 manusia harimau). Jadi, ke depannya akan banyak variasi konten dari blog tersebut dan saya berharap blog tersebut akan menjadi portal sinetron di Indonesia.

Dengan menjadi portal sinetron di Indonesia, nanti akan muncul ide monetisasi baru (selain JV adsense dan jasa sketsa). Monetisasi yang saya maksud adalah Paid To Review khusus acara-acara TV. Jadi bagi stasiun TV yang ingin acara barunya di review oleh saya, bisa diajak untuk bekerja sama dalam bentuk review berbayar. Tujuannya agar acara baru tersebut akan dikenal oleh pembaca blog saya yang awalnya tidak tahu dengan acara tersebut. Dan bukan tidak mungkin, akan meningkatkan rating acara tersebut.

Tapi, ini masih sebatas rencana saja. Seandainya bisa terwujud, maka ada 3 cara monetisasi dalam 1 blog:
1. Jual jasa (sketsa)
2. Adsense
3. Review berbayar.

Terdengar sangat keren bukan? Semoga saja bisa terwujud.. Amiin...

Sekian dulu ulasan dari saya mengenai fungsi blog sebagai sales yang terselubung. Semoga bisa memberi manfaat dan masukan bagi sobat semuanya.

Jangan lupa like fanpage Facebook kami, ya ;).
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang