--> Skip to main content



Dapatkan Pasar Yang Lebih Luas Dengan Jualan online

pasar jualan online
ilustrasi dari pixabay


Internet adalah dunia yang sangat luas dan tanpa batas. Luasnya cakupan internet bisa ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Hal ini tentunya akan memperluas pasar bisnis bagi yang memiliki bisnis di dunia nyata. Caranya adalah dengan melebarkan sayap bisnis ke ranah online. Apakah itu akan berguna?

Jawabannya, tentu saja akan berguna. Terlebih bagi para penjual yang ingin memperluas pasar dari produk yang dijualnya di toko offline. Alhasil, jika si penjual berjualan secara online, tentunya akan merambah pasar ke daerah-daerah yang lebih jauh. Dan tentunya juga akan meningkatkan omset dari penjualan produk.

Apa saja kendala yang akan dihadapi para penjual yang ingin berjualan secara online?

Kendala pertama yang dihadapi adalah tentang pengetahuan akan dunia internet. Seorang penjual online minimal harus tahu dasar-dasar berjualan secara online. Harus tahu bagaimana cara menjalankan dan mengelola blog ataupun media sosial. Harus tahu dasar-dasar SEO dan lain sebagainya.

Kendala kedua adalah bagaimana menciptakan kredibilitas serta mendapatkan kepercayaan pembeli. Hal ini teramat penting, lantaran transaksi secara online identik dengan penipuan dan atau ketidaksesuaian barang yang dipesan dengan barang yang datang. Alhasil, pembeli pasti akan menimbang-nimbang untuk membeli sesuatu di toko online yang masih belum punya nama. Kita sebagai penjual online pemula harus mampu meyakinkan pembeli. Caranya adalah dengan menghadirkan screen shoot testimoni pembeli sebelumnya, memajang foto asli kita, menampilkan kontak kita secara lengkap (no HP, pin BB, akun FB, Twitter dan lain sebagainya).
Kendala ketiga adalah persaingan yang teramat ketat. Ketika ranah maya menjadi 'pasar besar' dan lahan bisnis yang empuk, maka semakin banyak toko-toko online yang bermunculan. Baik itu toko besar (yang dikelola oleh tim), ataupun toko kecil (yang dikelola oleh perorangan). Alhasil, akan sangat sulit memasarkan produk di tengah banyaknya kompetitor dengan produk yang sejenis. Saran saya, jual lah produk yang tidak terlalu banyak pesaingnya. Selain itu, menjual barang dengan harga yang terjangkau akan lebih mudah dalam mendapatkan konsumen.

Penting sekali untuk mempelajari dan mendalami bagaimana berjualan secara online. Tujuannya selain memperluas pasar, tentunya toko online juga menjadi semacam tren dalam beberapa tahun terakhir. Untuk itu, mari memulai berjualan online dari sekarang!

Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat bagi sobat semuanya. Jangan lupa like fanpage Facebook kami guna mendapatkan info terupdate tentang bisnis online dari Onlenpedia.com.

Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang