--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Pilih Mana, Investasi Saham Atau Investasi Properti?

Pixabay

Salam investasi! 
Menurut anda, pilih yang mana? Investasi properti atau investasi saham?

Baik investasi properti maupun investasi saham, dua-duanya tergolong ke dalam bisnis 'lingkaran besar'. Artinya, perputaran bisnisnya selalu menghasilkan atau menghabiskan dana yang besar. Namun, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Seperti apakah itu?

Kalau kita bicara permodalan awal, maka bisa dibilang untuk investasi properti lebih besar budgetnya ketimbang investasi saham. Untuk membangun satu unit rumah + membeli tanah saja, paling tidak harus menyediakan uang di atas 70 juta. Kalau kita bicara tentang investasi saham, dengan modal 1 juta pun kita sudah bisa memulai.

Kemudian kalau kita lihat dari segi resiko, investasi properti bisa dibilang tak memiliki resiko. Asalkan kita memiliki sertifikat kepemilikan yang jelas, maka kemungkinan 'hangus' atau 'double kepemilikan' tak akan terjadi. Berbeda dengan investasi saham. Resikonya lumayan besar, tergantung dari berbagai faktor. Semakin besar modal investasi saham, semakin besar pula resikonya.

Sudut pandang terakhir yang harus kita pertimbangkan adalah, dari segi keuntungan. 

Untuk investasi properti, semakin lama mengendap, maka nilai jualnya cenderung naik. Tidak ada istilah nilai properti akan turun. Namun, yang patut diperhatikan adalah, dari segi menjual properti tersebut. Biasanya dalam menjual properti tak semudah dalam menjual saham.

Kemudian untuk investasi saham, nilainya tak seperti properti yang cenderung naik dari waktu ke waktu. Nilai saham bisa naik, bahkan bisa juga turun. Istilahnya harga saham ini bersifat 'labil'. 

Akan tetapi, yang membuat saham terlihat spesial adalah, apabila nilainya naik/melejit, kadang bisa jauh berkali-kali lipat dari nilai awal kita membeli saham tersebut. Semua tergantung kejelian kita, bagaimana memilih saham yang harganya murah, namun berpotensi melejit di masa yang akan datang.

Setelah membaca uraian di atas? Manakah investasi yang sobat pilih? Properti atau saham??

Silahkan dijawab sendiri-sendiri, ya.

Sekadar info, untuk investasi saham, usahakan menanam modal pada broker plat merah (perusahaan milik pemerintah).

Kenapa harus broker plat merah? 

Karena broker tersebut lebih aman, permodalan lebih kuat (dibackup oleh pemerintah) dan terjamin kredibilitasnya. Selain itu, di era krisis sekarang ini broker plat merah bisa 'bertahan hidup' lebih lama ketimbang broker pada umumnya.

- Bagi sobat-sobat yang ingin tahu apa saja kelebihan dari broker plat merah (perusahaan milik pemerintah), silahkan pelajari di: Keunggulan yang dimiliki oleh broker plat merah (perusahaan pemerintah) ..

Sukses Selalu, Ya!
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang