Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

[Opini] Gunakan Filosofi "mesin pesawat", Ketika Anda Membuat Rencana

filosofi mesin pesawat
pixabay

Filosofi 'mesin pesawat'? Apaan tuh?

Perlu sobat-sobat ketahui, Filosofi ini adalah semacam contoh perumpamaan dari mesin pesawat yang bisa diterapkan pada rencana yang nanti akan kita buat. Pada dasarnya, jumlah mesin pesawat pasti lebih dari satu, karena kalau cuma satu -- ketika mesin tersebut rusak, maka pesawat tersebut akan jatuh lantaran tak ada mesin lain lagi yang menopang. Begitupun dengan rencana yang akan kita jalankan. Kalau hanya berharap pada satu rencana dan rencana tersebut gagal -- maka kita juga akan 'jatuh' karena tak ada rencana cadangan yang memback up rencana utama kita.

Memang betul, kalau kita diharuskan untuk fokus dalam membangun rencana utama kita. Tapi tak ada salahnya agar membuat rencana lain sebagai cadangan, tapi bukan prioritas. Jadi prioritas kita tetap pada rencana utama, agar tetap fokus. Alhasil, fokus pada rencana utama dan membuat rencana cadangan (backup) sama pentingnya. Ingat! Jangan pernah meremehkan rencana cadangan.

Ada yang bilang, satu rencana saja cukup asalkan benar-benar ditekuni -- niscaya akan sukses. Apakah pemikiran seperti itu bagus untuk diterapkan?

Tidak ada yang salah dengan jalan hidup dan pendapat setiap orang. Setiap orang berhak memiliki opininya masing-masing. Tak ada yang melarang dan tak ada yang berhak menyalahkan. Akan tetapi, saya pribadi kurang setuju dengan pendapat di atas. Bagi saya orang yang hanya memiliki satu rencana sama saja dengan sombong. Orang seperti itu sangat yakin dengan rencananya dan lupa bahwa yang Maha Menentukan bukanlah dirinya. Jadi, apabila Tuhan berkehendak lain, maka satu-satunya rencana yang sudah dibangun dengan susah payah akan menjadi sia-sia.

Baca juga: 7 Sumber penghasilan di internet

Sekali lagi saya tekankan, ada baiknya kita memiliki backup dari rencana utama kita. Tujuannya agar apabila rencana utama kita gagal, lantas kita tak akan langsung 'jatuh' dan 'mati'. Kita memiliki backup untuk 'menopang' kegagalan kita. Dan ingat! Pesawat saja punya lebih dari satu 'mesin', kok kamu cuma punya satu rencana? Sombong banget sih :D.

Sekian dahulu opini dan pandangan singkat saya mengenai pentingnya memiliki rencana cadangan. Semoga tulisan ini mampu membuka mata kita akan pentingnya plan B, C, D dan seterusnya.

Salam Sukses!

Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL