Skip to main content
Jual Saldo PayPal dan Amazon Gift Card

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

[Opini] Kesalahan Terbesar Adalah Fokus ke Hanya 1 "Pintu"

tidak fokus
pixabay

Sesuatu yang perlu ditekankan dalam dunia bisnis adalah fokus, fokus dan fokus. Dengan fokus, seseorang akan lebih maksimal dan total dalam menjalankan suatu bisnis. Tapi apa jadinya kalau bisnis tersebut gagal dan tak ada backup yang lain?

Memang betul, banyak pebisnis yang sukses dengan hanya satu model bisnis saja. Mereka benar-benar fokus dengan bidang tersebut. Ketika jatuh, mereka bangkit lagi dan begitu seterusnya sampai berhasil. Dan hal seperti itu hanya mampu dilakukan oleh orang-orang tertentu saja yang memiliki mental lebih keras daripada baja. Kalau saya pribadi tak akan sanggup menjalankan satu rencana utama tanpa rencana cadangan. Karena pikiran saya selalu memikirkan kemungkinan terburuk, yaitu gagal. Alhasil, saya harus terus berinovasi dalam bentuk plan A, B, C dan seterusnya.

Apakah fokus kita akan terganggu apabila kita memiliki banyak rencana?

Memiliki banyak rencana, bukan berarti fokus kita terbagi rata akan semua rencana tersebut. Ada istilahnya prioritas utama, prioritas kedua dan seterusnya. Jadi fokus utama kita tetap pada rencana utama. Sedangkan rencana lain hanya sambilan saja.

Ada yang mengatakan, selesaikan 1 hal dulu, baru kerjakan hal yang lain. Apakah itu salah?

Semua pendapat dan opini tidak selalu benar dan tidak selalu salah. Semua sesuai dengan visi dan keinginan dari tiap-tiap orang. Bagi yang ingin menyelesaikan 1 hal dulu sampai selesai, silahkan saja. Tapi kita semua tidak tahu kapan hal tersebut akan bisa diselesaikan. Takutnya hal tersebut tak akan selesai-selesai, sehingga kita berhenti di tengah jalan -- dan tanpa adanya rencana cadangan.

Baca juga: Tuntutan Hidup Tidaklah Berat, Yang Berat Itu Tuntutan 'Gaya Hidup'

Apakah rencana yang lebih dari 1, akan membuat kita tidak total dalam bekarya?

Totalitas itu tidak bergantung pada jumlah. Ada masa di mana kita total pada 1 hal, kemudian jenuh akan hal tersebut. Nah pada saat jenuh itulah yang akan kita manfaatkan untuk melakukan rencana cadangan, dengan tujuan merubah suasana dan membackup rencana utama kita.
Selain itu, ada pepatah yang mengatakan, 'Ketika kita terpaku pada satu pintu yang tertutup, kita mengabaikan pintu lain yang terbuka lebar'. Nah, dari pepatah ini bisa dilihat kalau seandainya kita fokus pada satu hal saja -- namun tak kunjung berhasil -- ada kalanya kita sedikit mencoba hal lain yang lebih berpotensi. Karena visi awal kita tak selamanya benar. Tuhan lah Yang Maha Benar, bukan kita.

Penting bagi kita untuk membuka mata akan 'pintu' lain yang mungkin lebih menjanjikan. Karena sukses itu bukan semata keinginan kita, melainkan juga kehendak dari Nya. Jadi jangan pernah mengindahkan 'pintu' lain yang mungkin saja 'berjodoh' dengan kita.

Semoga ulasan di atas bisa menginspiras sobat-sobat semua. Jangan lupa untuk like fanpage Facebook kami guna mendapatkan info terupdate seputar bisnis online.
Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL