Skip to main content

Makin Banyaknya Situs Jual Beli Online, Bagaimana Nasib Toko Offline?

toko online semakin marak
ilustrasi dari pixabay

Tahun 2015 ini sepertinya klimaks atau puncak dari maraknya situs-situs jual beli yang terus bermunculan. Mungkin karena era 'dunia maya' yang semakin mendominasi membuat banyak developer besar yang membuat situs jual beli online guna memperluas bisnis mereka. Apakah hal itu akan berdampak dengan eksistensi toko offline?

Nama-nama seperti Lazada, Tokopedia, Blanja, MatahariMall, Elevenia, BliBli, Bhinneka, Bukalapak, Zalora dan masih banyak lagi -- menjadi tren baru dalam dunia jual-beli. Keberadaan situs-situs besar tersebut tentunya menciptakan banyak pilihan bagi konsumen yang akan berbelanja via internet. 

Situs-situs tersebut juga terjamin kredibilitasnya, karena nama besar mereka yang jadi taruhannya. Apabila sedikit saja ada salah satu dari mereka yang mengecewakan konsumen, maka siap-siap saja konsumen tersebut akan 'berpindah hati' ke situs yang lain. Alhasil, pelayanan dan kepuasan konsumen menjadi fokus utama yang digalakkan oleh masing-masing situs.

Dengan adanya kemudahan, layanan yang bagus dan harga yang bersaing, tentunya situs-situs jual beli tersebut akan mampu menjadi pilihan utama bagi para konsumen. Siap-siap saja toko offline yang tidak memiliki 'sayap' di ranah online bakalan 'terdepak' di masa yang akan datang. 

Mengapa bisa demikian?

Jawabannya adalah karena semakin banyaknya pengguna smartphone di negeri ini -- lantaran harga smartphone yang semakin terjangkau saja. Dengan adanya smartphone, orang-orang akan dimanjakan dengan berbagai macam aktivitas digital, seperti media sosial, game, membaca berita, belajar hal-hal baru dan memenuhi kebutuhan seperti jual-beli.

Baca juga: 7 Sumber penghasilan dari internet

Jadi, dengan banyaknya pengguna smartphone, tentunya akan menambah pangsa pasar bagi situs jual beli. Dan mereka akan terus menawarkan layanan yang berkualitas serta mengedepankan kepuasan konsumen. Selain itu, para pembeli tidak usah capek-capek mendatangi pusat perbelanjaan ataupun mall. Cukup duduk manis dengan smartphone dan koneksi internet, maka apapun bisa dibeli. Bahkan, pesan tiket pesawat dan booking hotel juga bisa dilakukan via internet. 

Selain lebih mudah, praktis dan cepat, membeli/memesan via internet tentunya juga menghemat biaya. Tak perlu buang-buang bensin lagi untuk membeli barang ataupun memesan tiket pesawat. Cukup duduk manis di rumah sambil internetan.

Jadi, pertanyaan tentang pengaruh situs jual beli online terhadap kelangsungan toko offline telah dijawab. Jawabannya adalah siap-siap toko offline akan 'terdepak' di masa mendatang kalau tidak siap dengan 'pergeseran' era -- dari era manual ke era digital -- dari era yang ribet menjadi era yang lebih praktis. Jadi, apabila kalian tidak ingin 'tersingkir', segeralah memulai untuk merambah dunia internet. Karena di masa mendatang, ranah online akan merajai segala aktivitas, sesuai dengan prediksi Bill Gates dan Mark Zuckerberg.

Jangan lupa untuk melike Fanpage Onlenpedia.com guna mendapatkan informasi terupdate seputar bisnis online.

Salam Sukses!
Baca Juga