Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (5 Tahun)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Apa Itu Saham Konsumer?

Saham-saham yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan saham perusahaan yang bergerak dalam berbagai sektor. Salah satu sektor dari perusahaan tersebut adalah sektor konsumer.

Setelah sebelumnya kita membahas tentang saham perbankan dan saham infrastruktur, berikut ini yang akan dibahas adalah tentang saham konsumer.

Apa itu saham konsumer?

pengertian saham konsumer
konsumer


Saham konsumer adalah saham dari perusahaan yang menghasilkan produk-produk kebutuhan masyarakat, seperti makanan, minuman dan kebutuhan sehari-hari masyarakat. Jenis saham ini merupakan salah satu yang paling digemari masyarakat lantaran saham ini selalu bertumbuh.

Hal yang menyebabkan saham konsumer selalu bertumbuh adalah:

1. Permintaan produk konsumer selalu meningkat dari waktu ke waktu. Hal ini berkaitan dengan jumlah penduduk yang selalu bertambah setiap waktu. Alhasil, semakin banyak manusia, semakin besar pula permintaan akan produk konsumer. Dan hal ini akan berimbas kepada saham konsumer yang selalu bertumbuh dari waktu ke waktu.

2. Konsumsi masyarakat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Semakin bertambah kebutuhan akan produk konsumer, maka produksi perusahaan konsumer akan bertambah pula. Dan secara tidak langsung hal itu juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

3. Sektor konsumer ini memiliki kekuatan untuk bertahan dalam menghadapi krisis ekonomi. Ketika Indonesia dilanda krisis ekonomi (1998-2000), sektor konsumer lah yang mengalami pertumbuhan paling baik dibandingkan sektor yang lain. Setidaknya masyarakat tetap melakukan permintaan akan produk konsumer, tak peduli dengan adanya krisis.

4. Sektor konsumer ini dianggap yang paling menguntungkan ketimbang sektor lain. Banyak pihak menyatakan bahwa sektor konsumer mempunyai margin yang bagus. Hal itu bisa dilihat dari menjamurnya minimarket dan supermarket di Indonesia. Sebut saja Carefour, Alfamart, Hypermart, Foodmart dan lain sebagainya.

Setelah melihat 4 poin di atas, apakah kalian tertarik membeli saham di sektor konsumer?

Silahkan pertimbangkan sendiri-sendiri, ya ;).


Semoga bermanfaat dan salam investasi!
Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL