--> Skip to main content
Jual Database Supplier, Hanya Rp 35.000



Bagaimana Pengaruh Krisis Ekonomi Yunani Terhadap IHSG?

Dampak kebangkrutan yunani terhadap ihsg
ilustrasi dari pixabay

Salam investor! Bagi sobat-sobat yang akhir-akhir ini sering mendengarkan berita di Televisi ataupun yang suka membaca berita yang sedang hangat-hangatnya di media cetak ataupun online pastinya tahu tentang berita mengejutkan yang satu ini. Ya, berita ini adalah tentang kebangkrutan salah satu negara anggota Uni Eropa yaitu Yunani. Bagaimana pengaruhnya terhadap pergerakan IHSG di Indonesia?

Perlu sobat-dibat ketahui, Yunani dinyatakan bangkrut pasca tak bisa melunasi hutang yang jatuh tempo sebesar 22 trilyun rupiah kepada IMF. Utang tersebut termasuk ke dalam utang Yunani dengan bank dan negara lainnya dengan total sebesar 4.700 trilyun rupiah. Jumlah yang sangat fantastis dan ini merupakan kali kedua Yunani setelah sebelumnya pada tahun 2012 mereka mengalami hal yang sama namun berhasil bangkit berkat bantuan dana dari Uni Eropa dan IMF.

Lantas apa pengaruh krisis ekonomi dan kebangkrutan Yunani terhadap pergerakan harga IHSG?

Berdasarkan pantauan kami, dampak yang diberikan oleh krisis di Yunani tidak terlalu signifikan terhadap IHSG. Meskipun nilai IHSG berada di bawah 5000, yakni berada di kisaran 4858 sampai dengan 4992, hal itu tidak terlalu berpengaruh.

Tapi walau begitu, para investor masih berhati-hati. Hal itu dapat dilihat dari transaksi yang masih sepi lantaran para investor masih wait and see terhadap kebijakan yang akan diambil pemerintah Yunani, apakah mereka akan menerima bantuan bersyarat dari Uni Eropa ataukah tidak. Semuanya akan terjawab melalui referendum rakyat, di mana suara rakyat lah yang menentukan arah kebijakan pemerintah dalam mengambil keputusan terkait penyelamatan ekonomi di negara tersebut.

Beruntungnya, Yunani dan negara Uni Eropa lainnya tak terlalu banyak menjalin kerja sama ekonomo dengan Indonesia. Indonesia lebih banyak menjalin kerjasama dengan China dan Amerika Serikat. Seandainya China atau Amerika yang mengalami kebangkrutan, dampaknya pasti akan sangat terasa bagi perekonomian Indonesia. Akan tetapi, hal itu sulit terjadi pada negara adidaya sekelas China dan Amerika Serikat.

Sekadar info, untuk investasi saham anda, usahakan-lah menanam modal melalui broker plat merah/perusahaan sekuritas milik pemerintah.

Kenapa harus broker plat merah? 

Karena broker tersebut lebih aman, permodalan lebih kuat (dibackup oleh pemerintah) dan terjamin kredibilitasnya. Selain itu, di era krisis sekarang ini broker plat merah bisa 'bertahan hidup' lebih lama ketimbang broker pada umumnya.

- Bagi sobat-sobat yang ingin tahu apa saja kelebihan dari broker plat merah (perusahaan milik pemerintah), silahkan pelajari Keunggulan yang dimiliki oleh broker plat merah (perusahaan pemerintah) 

Salam sukses!
Baca Juga
> Opini Kami Mengenai Sisi Gelap Bisnis Online di Era Sekarang