Skip to main content
Jual VCC Untuk Verifikasi PayPal (5 Tahun)

VLShop - iOSpedia - Klikbanjar - Selebshop - Accgaming - Enpedia - YAADb - Virtual - Syariah - Investasi
© Onlenpedia Blog Network ™

Apa Itu Saham Blue Chip?

Salam Investasi! Sobat-sobat calon investor, setelah sebelumnya kita membahas tentang jenis-jenis saham berdasarkan kapitalisasi pasar (saham big cap, medium cap dan small cap) -- kemudian ada juga jenis saham seperti saham monster dengan segala 'kedahsyatan'nya -- kali ini ada lagi jenis saham yang namanya saham blue chip.

Pertanyaannya sekarang, apa itu saham blue chip?

pengertian saham blue chip
blue chip

Sobat-sobat calon investor, saham blue chip adalah saham yang dianggap 'kuat' di bursa. Berdasarkan info dari Wikipedia, saham blue chip adalah sebuah istilah dalam pasar modal yang mengacu pada saham dari perusahaan besar yang memiliki pendapatan stabil dan liabilitas dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Adapun istilah "blue chip" ini didapatkan dari istilah di kasino, di mana blue chips (chip biru) mengacu pada counter yang memiliki nilai paling besar ketimbang warna yang lain.

Perlu sobat-sobat ketahui, saham blue chip biasanya memberikan dividen secara reguler, bahkan ketika bisnis perusahaan sedang berjalan lebih buruk dari biasanya.

Kemudian berdasarkan New York Stock Exchange, Blue Chip adalah saham dari perusahaan dengan reputasi nasional yang baik dalam hal kualitas kehandalan dan kemampuannya untuk beroperasi secara menguntungkan dalam situasi perekonomian yang baik ataupun buruk. 

Adapun contoh saham blue chip yang ada di Indonesia antara lain, saham Astra Internasional, BRI, Group Lippo, Group Panin dan saham-saham besar dari perusahaan konglomerasi lainnya.

Saham blue chip ini sangat bagus untuk pemula yang baru memulai investasi saham. Karena resiko yang timbul tak sebesar pada saham second liner. Apalagi kalau berinvestasi untuk jangka panjang, saham-saham blue chip ini akan terus bertumbuh karena fundamental perusahaan yang sangat bagus.

Sekian ulasan singkat mengenai apa itu saham blue chip. Semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat bagi sobat-sobat calon investor semuanya!

AYO BERINVESTASI! Demi kemajuan bangsa!

Salam!


Baca Juga
> Dapatkan profit hingga jutaan rupiah perbulan dengan bisnis PLR

LIHAT JUGA:

Cara menjadi reseller produk virtual di VLShop-Onlenpedia, GRATIS dan TANPA MODAL